3 Cara Latihan Shin Tae-yong yang Diterapkan Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16

Rabu, 21 Februari 2024 - 19:56 WIB
loading...
3 Cara Latihan Shin Tae-yong yang Diterapkan Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16
Nova Arianto melatih Timnas Indonesia U-16. Foto: Aldi Chandra/ MPI
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengadopsi kepemimpinan Shin Tae-yong dalam melatih skuad Timnas Indonesia U-16 proyeksi Piala AFF U-16 2024. Setidaknya terdapat 3 cara latihan STY yang diterapkan Nova pada anak asuhnya.

Menurut Nova sendiri, Shin Tae-yong berpesan agar Timnas Indonesia U-16 digembleng fisik, mental, dan disiplin. Nova juga berkomitmen mengusung filosofi sepak bola ala pelatih asal Korea itu ke dalam skuad Garuda Asia.

Berikut 3 cara latihan Shin Tae-yong yang diterapkan Nova Arianto di latihan Timnas Indonesia U-16:

1. Teknis

Nova Arianto melatih Timnas Indonesia U-16 sampai ke urusan teknis yang paling detil. Salah satunya soal penggunaan kaus kaki berbeda sesuai dengan kekuatan kaki pemain.

"Sebenarnya kaos kaki untuk menandakan kaki yang dominan kanan atau kiri, jadi bisa memastikan," ujar Nova Arianto kepada wartawan di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2023).

2. Fisik dan Mental


Seperti halnya Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia senior, Nova juga menggembleng fisik dan mental pemain Timnas Indonesia U-16 proyeksi Piala AFF U-16 2024. Pada latihan perdana, Senin (19/2/2024) Nova mengaku langsung menggenjot fisik pemain.

Masalah mental pemain juga menjadi perhatian Nova Arianto. Menurutnya, dengan memperbaiki mental pemain, Nova bisa membantu Shin Tae-yong memperbaiki masalah-masalah yang mendera pemain Timnas Indonesia di level di atasnya.

"Soal jangka panjang, kami harus menyiapkan pemain-pemain ini agar nanti sampai di senior coach Shin Tae-yong tidak bingung masalah passing misalnya. Kemudian, dia juga tidak bingung soal masalah mental pemain yang sudah terbentuk, secara fisik dasar juga." kata Nova.

3. Disiplin


Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menerapkan disiplin ketat untuk anak asuhnya. Ia mengatur adanya jam malam untuk bermain telepon seluler hingga disiplin jam makan siang.

Mantan pemain Persib Bandung itu mengungkapkan, ada aturan jam malam untuk bermain handphone dan disiplin waktu saat makan siang selama pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 proyeksi Piala AFF U-16 2024.

“Ada, salah satunya handphone kami kumpulkan di setiap malam jam setengah 10 dan saya juga tekankan ke mereka masalah disiplin karena tadi ada beberapa yang terlambat saat makan siang,” kata Nova.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3075 seconds (0.1#10.140)