Deretan Negara Maju yang Terkena Resesi, Siapa Selanjutnya?

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:52 WIB
loading...
Deretan Negara Maju yang Terkena Resesi, Siapa Selanjutnya?
Sejumlah negara maju dengan perekomian kuat terjerumus ke jurang resesi di akhir tahun 2023. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara maju terjatuh ke dalam jurang resesi pada kuartal terakhir tahun 2023 lalu. Bahkan, salah satunya adalah negara yang sebelumnya berstatus sebagai kekuatan ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Secara umum, resesi bisa diartikan sebagai kondisi terjadinya penurunan perekonomian sebuah negara yang ditandai dengan melemahnya produk domestik bruto (PDB) selama dua kuartal berturut-turut. Pada kemunculannya, resesi ini juga bisa memberikan banyak dampak negatif bagi negara yang terkait.

Melihat ke belakang, sudah banyak contoh negara-negara di dunia yang pernah mengalami resesi. Baru-baru ini, ada beberapa di antaranya yang baru jatuh. Menariknya, mereka adalah negara maju. Siapa saja?

Negara Maju yang Terkena Resesi

1. Jepang

Jepang secara mengejutkan tergelincir ke jurang resesi pada akhir 2023 lalu. Kondisi ini membuatnya kehilangan predikat sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Mengutip laporan Reuters, Kamis (22/2/2024), produk domestik bruto (PDB) Jepang turun sekitar 0,4% secara tahunan pada periode Oktober-Desember 2023. Pada kuartal sebelumnya, terjadi juga penurunan 3,3%.



Laporan PDB tersebut meleset jauh dari perkiraan pertumbuhan 1,4 % yang sebelumnya disampaikan pada jajak pendapat para ekonomi. Adapun kontraksi dua kuartal berturut-turut biasanya dianggap sebagai definisi resesi teknis.

Lebih jauh, sejumlah pengamat menilai pelemahan Jepang ini tampak mengerikan. Hal ini menjadi tantangan berat bagi Bank of Japan untuk memperketat kebijakan.

Adapun salah satu penyebab resesi Jepang adanya inflasi yang tinggi, terlebih di tengah-tengah konsumsi dalam negeri yang cenderung lemah. Selain itu, resesi seks di Negeri Sakura juga dikatakan menjadi penyebab kemunduran ekonomi.

Sebagaimana diketahui, Jepang menghadapi kondisi populasi yang menua dan menyusut. Pada sejumlah data yang dipublikasikan, wanita Jepang rata-rata hanya memiliki 1,3 anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)