Perbandingan Kekuatan Militer Hizbullah dan Lebanon, Siapa Lebih Kuat?

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:01 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Hizbullah dan Lebanon, Siapa Lebih Kuat?
Personel Angkatan Darat Lebanon mengamankan wilayah negara itu. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Perbandingan kekuatan militer Hizbullah dan Lebanon menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Dari kedua kubu tersebut, siapakah yang lebih kuat?

Sebelumnya, perlu diketahui antara Lebanon dan Hizbullah adalah dua entitas yang berbeda. Di satu sisi, Lebanon adalah negara berdaulat, sedangkan Hizbullah merupakan organisasi politik dan paramiliter yang kebetulan memang berbasis di Lebanon.

Selain itu, tak jarang orang menganggap Hizbullah ini adalah bagian resmi dari militer Lebanon. Padahal, anggapan tersebut kurang tepat. Baik Lebanon atau Hizbullah punya angkatan bersenjata sendiri-sendiri.

Jika dibandingkan, bagaimanakah perbandingan antara militer Lebanon dan Hizbullah ini? Simak ulasannya berikut.

Kekuatan Militer Hizbullah vs Lebanon

1. Hizbullah


Melihat pengaruh dan sejarah panjangnya, tak jarang muncul anggapan bahwa kekuatan militer Hizbullah lebih mumpuni daripada Lebanon sendiri.

Status ini dirasa masuk akal mengingat keberanian organisasi tersebut dalam melawan musuh-musuhnya seperti Israel.

Mengutip Reuters, Sabtu (24/2/2024), Hizbullah menjadi salah satu kelompok non negara yang punya kekuatan militer mengerikan. Tak hanya para serdadu yang berani mati, mereka didukung berbagai persenjataan canggih.

Pada salah satu kesempatan, Hassan Nasrallah selaku pemimpin Hizbullah menyebut kelompoknya memiliki sekitar 100.000 pejuang. Salah satu persenjataan utama dari kelompok ini adalah roket.

Sejumlah ahli memperkirakan Hizbullah setidaknya punya lebih dari 100.000 roket yang biasa digunakan untuk menyerang musuh-musuhnya. Selain itu, mereka juga memiliki senjata lain seperti rudal presisi antitank dan antikapal hingga drone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)