5 Alasan Mengapa Honda Harus Membawa HR-V Listrik e:N1 ke Indonesia

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:46 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa Honda Harus Membawa HR-V Listrik e:N1 ke Indonesia
Honda e:N1 yang nantinya akan menantang langsung Chery Omoda E5 dan BYD Atto 3. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Honda HR-V listrik alias e:N1 sudah diproduksi di pabrik Honda di Rojana Industrial Park, provinsi Prachinburi, Thailand, menggunakan komponen lokal. Apakah mobil tersebut nantinya akan diboyong ke Indonesia?

Honda e:N1 rencananya akan dipasarkan di Thailand di kuartal pertama 2024. Di Eropa mobil tersebut dijual hampir 45.000 poundsterling atau Rp900 juta.

Di China, setelah subsidi harga Honda e:N1 menjadi Rp400 juta (420 km) dan Rp470 juta (510 km). Adapun di Thailand, sebelum subsidi harganya Rp650 juta.

Terkait hal tersebut, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy belum memberikan komentarnya. Menurutnya, saat ini pihak Honda terus melakukan riset terkait elektrifikasi. “Termasuk melakukan edukasi ke masyarakat,” ungkapnya.

SINDONews sendiri sudah pernah mencoba mengendarai Honda e:N1 di Jepang, menjajal langsung performa mobil tersebut di sirkuit. Nah, berikut adalah alasan mengapa Honda penting untuk membawa e:N1 ke Indonesia:

1. Model Pionir

e:N1 akan jadi model pionir Honda untuk masuk ke mobil listrik murni, terutama di Asia Tenggara. Mobil tersebut akan jadi mengawali tonggak strategi Honda global untuk menjual 2 juta unit BEV hingga 2030.

2. Sudah Diproduksi di Thailand

e:N1 sudah dijual di China dengan nama e:NS1 dan di Eropa adalah e:Ny1. Mobil tersebut sudah diproduksi di Thailand, artinya akan mudah bagi HPM untuk mengimpor ke pasar lokal. Ini mengingat All New CR-V Turbo, CR-V Hybrid, dan Accord Hybrid sudah diimpor CBU dari Thailand. Sebab, pabrik HPM belom bisa memproduksi baterai sendiri.

3. HR-V No 1 di Compact SUV

Pasar HR-V selama 2023 terbilang stabil dan tidak tergeser di posisi 1 segmen compact SUV. Jadi, potensi pasar HR-V listrik, dengan brand image Honda yang mewah, sangat besar.

4. Aktif Melakukan Kampanye Elektrifikasi

Saat ini HPM aktif melakukan campaign untuk mengenalkan elektrifikasi di Indonesia, salah satunya menggandeng komunitas Jakarta Good Guide (JGG) lewat rangkaian aktivitas Honda e:Technology City Tour dengan mengajak publik berkeliling kota Jakarta menggunakan produk-produk Honda e:Technology.


5. Produk yang Bagus

Walaupun tidak dari awal dirancang sebagai kendaran listrik murni, tapi Honda sangat serius untuk mengubah HR-V menjadi e:N1. Salah satunya penggunaan arsitektur baru yang disebut e:N Architecture F. Nantinya, e:N1 akan berkompetisi dengan Chery Omoda E5, MG ZS EV, sertaBYDAtto3.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)