Lima Caleg Dapil Kalsel 2 Lolos ke Senayan, Ada Nama Mantan Dandim Tanah Bumbu

Selasa, 05 Maret 2024 - 19:50 WIB
loading...
Lima Caleg Dapil Kalsel 2 Lolos ke Senayan, Ada Nama Mantan Dandim Tanah Bumbu
Terdapat lima nama caleg yang bakal terpilih dari Dapil Kalimantan Selatan 2. Kelima nama caleg yang bakal bakal terpilih dari Dapil Kalimantan Selatan 2 mendapatkan perolehan suara cukup signifikan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan akan memulai rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat provinsi pada Rabu (6/3/2024) besok. Menjelang pleno tersebut, perolehan suara calon legislatif (Caleg) DPR RI yang bakal terpilih sudah terlihat jelas dari Dapil Kalimantan Selatan 2.

Terdapat lima nama caleg yang bakal terpilih dari Dapil Kalimantan Selatan 2. Kelima nama caleg yang bakal bakal terpilih dari Dapil Kalimantan Selatan 2 mendapatkan perolehan suara cukup signifikan.



Caleg pertama dari Partai Amanat Nasional (PAN) Endang Agustina menempati perolehan suara terbanyak yakni 278.007 suara. Posisinya dibayang-bayangi oleh politisi Paftai Golkar, Hasnuryadi Sulaiman dengan perolehan 167.627 suara. Di posisi ketiga caleg Partai Gerindra Mariana dengan perolehan 134.747 suara.

Kemudian ada nama H Rahmat Trianto dari Partai Nasdem dengan perolehan 127.564 suara. Mantan Komandan Distrik Militer (Dandim) Tanah Bumbu itu memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu mengingat selama berkarier di kemiliteran, banyak sumbangsihnya di masyarakat. Tak pelak jika namanya masih dikenang masyarakat.

Sementara di posisi ke limaCaleg Sudian Noor dari PAN dengan perolehan 92.669 suara.

Data tersebut berdasarkan jumlah suara dari 6.092 TPS (100 persen) serta rekapitulasi suara (Model D. Hasil Kecamatan-DPR) dari 55 kecamatan dan rekapitulasi suara (Model D. Hasil Kabupaten/Kota-DPR) dari 5 kabupaten/kota.

Sementara sejak Senin 4 Maret 2024, sudah ada delapan kabupaten/kota yang merampungkan pleno dan mengirim lampiran tipe D hasil Pemilu 2024 ke KPU Kalsel.

“Yang sudah pleno adalah Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tapin, Barito Kuala, dan Banjarbaru,” kata Anggota KPU Kalsel, Fahmi Failasopa.

Kelima daerah di atas diminta merampungkan pleno sesuai jadwal, yakni maksimal pada Selasa (5/3/2024) hari ini. Fahmi menyebut, persoalan atau keberatan saksi parpol terkait hasil pleno di tingkat kabupaten/kota masih bisa dibahas di provinsi.



“Kalau yang direkapitulasi di KPU Provinsi itu ada empat; Pilpres, DPR, DPD, dan DPRD Provinsi. Kalau konteksnya DPR, atau DPRD Provinsi di pleno provinsi bisa disampaikan apa yang menjadi keberatan saksi partai, sepanjang ada datanya bisa disampaikan,” tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)