Bencana Banjir dan Longsor di Padang Pariaman, 3 Warga Tewas

Sabtu, 09 Maret 2024 - 08:00 WIB
loading...
Bencana Banjir dan Longsor di Padang Pariaman, 3 Warga Tewas
Bencana banjir dan tanah longsor melanda wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Foto/BNPB
A A A
PADANG PARIAMAN - Bencana banjir dan tanah longsor melanda wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) saat hujan deras pada Kamis (7/3) sore hingga Jumat (8/3) pagi yang mengakibatkan meluapnya sejumlah sungai dan longsor di beberapa titik.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan setidaknya terdapat tiga korban tewas akibat bencana banjir dan longsor.

“Tercatat satu orang meninggal dunia karena terseret arus banjir dan dua orang lainnya ditemukan meninggal dunia tertimbun material longsor,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Jumat (8/3/2024).



Abdul menambahkan data sementara yang berhasil dihimpun, terdapat 2.958 warga terdampak banjir dan 800 unit rumah terendam dengan ketinggian muka air berkisar di antara 30 hingga 300 centimeter.

”Total 15 kecamatan dan 32 nagari terkena dampak dari banjir dan longsor tersebut. Sebagian warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Abdul mengatakan sejumlah infrastruktur pun turut alami kerusakan, antara lain tiga unit rumah warga alami, tiga unit jembatan, satu unit jalan, lima unit fasilitas umum dan sekitar 10 hektar lahan pertanian.



Lebih lanjut, BPBD Kabupaten Padang Pariaman bersama tim gabungan masih bahu membahu untuk melakukan penanganan darurat, evakuasi dan juga pembersihan material lumpur.

Untuk pemenuhan kebutuhan permakanan Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum dan pihak Nagari/Kelurahan mendirikan dapur umum secara swadaya.

“Dinas Kesehatan juga telah mendirikan posko kesehatan di beberapa titik banjir untuk mengantisipasi adanya warga yang mengalami sakit,” ungkapnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)