alexametrics

Roberto Mancini Masih Perlihatkan Wajah Lama Italia

loading...
Roberto Mancini Masih Perlihatkan Wajah Lama Italia
A+ A-
LISABON - Kehadiran Roberto Mancini di kursi pelatih timnas Italia belum membuat tim berjuluk Gli Azzurri tersebut memperlihatkan masa depan lebih baik.

Dua pertandingan League A Grup 3 UEFA Nations League memperlihatkan Italia masih sama dengan era sebelumnya. Pada laga perdana UEFA Nations League, Italia harus puas bermain imbang 1-1 melawan Polandia di Stadio Renato Dall’Ara, Bologna, dan kalah 0-1 menghadapi Portugal melalui gol tunggal Andre Silva pada menit ke-48 di Stadion Da Luz, Lisabon, Selasa (12/9).

Dua hasil yang membuat Italia berada di peringkat bawah Grup 3 dan terancam degradasi ke League B. “Saya pikir itu semua masih terbuka,” kata Mancini, dikutip Football-Italia. Masalahnya, pendukung timnas Italia mulai khawatir.

Lihat bagaimana kolom komentar di beberapa situs berita Italia, semua memperlihatkan kekhawatiran. Mayoritas mengkritik penampilan pasukan Mancini jauh dari harapan.



Bermain tanpa arah, lini belakang lemah, barisan penyerang yang mandul, umpan silang tanpa tujuan, dan permainan tanpa visi. Tim Mancini benarbenar minim apresiasi. Wajah lama timnas Italia yang gagal ke Piala Dunia 2018 membayang di depan mata.

Sepak terjang Italia berada di era yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, karena tak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, mereka belum pernah kembali. Pelatih sebelumnya, Gian Piero Ventura, dengan semua eksperimen formasi dan keberaniannya menantang kritik justru membuat Italia seperti tanpa jati diri dan serba tanggung.

Tugas Mancini saat ditunjuk adalah mengembalikan Italia ke jalurnya. Memiliki reputasi pelatih yang hampir selalu mendapatkan gelar di kompetisi domestik bersama klub, ternyata belum membuat Jorginho dkk bergigi.

Dari lima laga di bawah Mancini, Italia hanya mencatatkan sekali menang, itu pun melawan Arab Saudi. Sisanya, dua imbang, dua kalah. Mancini memang bukan tanpa usaha.

Mantan pelatih Manchester City dan Inter Milan itu sudah berusaha menghadirkan wajah baru di skuad Gli Azzurri. Pertama, dia memanggil banyak wajah baru dalam skuadnya, termasuk mereka yang belum pernah memperkuat timnas Italia.

Sejak laga melawan Arab Saudi sampai Portugal, setidaknya ada sembilan pemain dengan 0 caps dipanggil. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya sudah mendapatkan debut di bawah Mancini.

Langkah tersebut bukan tanpa risiko. Tapi, Man cini memiliki argumen sendiri. “Jika tidak, perlu waktu lebih lama untuk mempercepat adaptasi. Itu akan menjadi tantangan,” tuturnya.

Kedua, dari lima pertandingan, Mancini tak pernah menurunkan formasi yang sama persis.
Hampir semua pemain terkena rotasi, kecuali gelandang Jorginho yang tak tersentuh diera Mancini.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak