Psikolog Ini Beberkan Cara Elon Musk Deteksi Kebohongan saat Wawancara Kerja

Minggu, 10 Maret 2024 - 20:19 WIB
loading...
Psikolog Ini Beberkan Cara Elon Musk Deteksi Kebohongan saat Wawancara Kerja
Elon Musk Bos besar Tesla. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Seorang perekrut senior berbagi pemikirannya tentang pertanyaan yang diajukan Elon Musk dalam setiap wawancara kerja untuk mendeteksi pembohong.



Menurut Ron Friedman, seorang psikolog sosial pemenang penghargaan dan penulis The Best Place to Work, 81 persen orang berbohong selama wawancara. Tapi, CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk bakal ajukan satu pertanyaan untuk menangkap kebohongan itu.

“Masalah apa yang paling sulit yang kamu hadapi dan bagaimana kamu menyelesaikannya?” Satu pertanyaan itu yang bakal diajukan Elon Musk untuk mendeteksi kebohongan kandidat pekerja.

Berbicara di KTT Pemerintah Dunia di Dubai, Musk mengatakan bahwa pertanyaan sangat penting itu mengungkapkan peran seorang pelamar dalam sebuah proyek atau perusahaan.

Dari pertanyaan ini, Musk mengatakan dia dapat mengetahui apakah kandidat benar-benar orang yang memiliki kompetensi dan menemukan solusi untuk masalah dengan hanya menjadi anggota dalam tim yang melakukannya.

“Orang-orang (yang) benar-benar menyelesaikan masalah, mereka tahu persis bagaimana mereka menyelesaikannya. Mereka tahu detail kecilnya,” Musk menjelaskan dalam laman CNBC Make It.

“Para kandidat ini dapat berbicara secara mendalam tentang perjuangan yang mereka hadapi dan strategi yang mereka gunakan. Kandidat hebat dapat menjawab pertanyaan ini pada beberapa tingkatan,” ucap Musk.

Sebaliknya, lanjut Musk, mereka yang berpura-pura bahwa mereka adalah pemecah masalah dapat mungkin naik satu tingkat dan kemudian mereka terjebak.

Ketika kandidat tidak dapat berbicara panjang lebar, dia tahu mereka tidak benar-benar orang yang mengerjakan tantangan. “Siapa pun yang berjuang keras dengan masalah tidak pernah melupakannya,” kata Musk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)