5 Fakta Marwan Issa, Orang Nomor 2 Hamas yang Dilaporkan Tewas oleh Israel

Selasa, 12 Maret 2024 - 17:15 WIB
loading...
5 Fakta Marwan Issa, Orang Nomor 2 Hamas yang Dilaporkan Tewas oleh Israel
Petinggi Hamas Marwan Issa (dalam lingkaran merah). Foto/X
A A A
JALUR GAZA - Marwan Issa, orang nomor dua di militer Hamas telah dilaporkan tewas dalam serangan rudal jet tempur Israel di Gaza, Palestina. Untuk memastikannya, pihak Israel tengah mengumpulkan sejumlah bukti dari tempat kejadian.

Mengutip Reuters, Selasa (12/3/2024), apabila kematian Marwan Issa terbukti, hal ini akan menjadi salah satu pencapaian besar bagi Israel.

Sejak perang yang berlangsung Oktober 2023 lalu, namanya akan menjadi pejabat tertinggi Hamas yang berhasil dibunuh.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Marwan Issa ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Fakta Marwan Issa

1. Tokoh Penting Hamas


Marwan Issa bukanlah sosok sembarang dalam Hamas. Ia menjadi salah tokoh yang reputasinya disegani termasuk oleh musuh-musuhnya.

Mengutip Jerusalem Post, Marwan Issa adalah wakil Mohammad Deif di Brigade Izz al-Din al-Qassam. Dalam hal ini, Issa bertugas mewakili brigade di biro politik Hamas.

Pada sepak terjangnya, Issa juga sudah banyak terlibat pada aksi-aksi yang dilakukan Hamas. Israel bahkan menuduhnya terlibat juga dalam perencanaan serangan 7 Oktober.

2. Punya Julukan Manusia Bayangan


Berbekal kemampuannya yang sangat ahli menyembunyikan diri, Marwan Issa punya julukan cukup menarik. Ia dikenali sebagai ‘Manusia Bayangan’ atau ‘Shadow Man’.

Issa juga termasuk sebagai salah satu petinggi Hamas yang ‘paling dicari’ oleh Israel. Ia satu kloter dengan pemimpin Hamas seperti Ismail Haniyeh hingga Mohammed Deif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)