3 Keunggulan C-130J-30 Super Hercules, Pesawat Indonesia yang Akan Terbang ke Gaza

Selasa, 12 Maret 2024 - 18:00 WIB
loading...
3 Keunggulan C-130J-30 Super Hercules, Pesawat Indonesia yang Akan Terbang ke Gaza
C-130J-30 Super Hercules bakal jadi pesawat Indonesia yang terbang ke Gaza. Foto: SetPres
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah keunggulan dari C-130J-30 Super Hercules yang menarik diketahui. Pada beberapa waktu ke depan, kemungkinan pesawat ini bakal digunakan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke Gaza melalui jalur udara.

Mengutip keterangan dari laman resmi Presiden RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pengiriman bantuan kemanusiaan ke warga Palestina di Gaza akan disalurkan melalui pesawat Hercules.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan.
Pada simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter terlibat dalam aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Lebih jauh, seperti apa keunggulan dari pesawat C-130J-30 Super Hercules milik Indonesia? Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2024).

Keunggulan Pesawat C-130J-30 Super Hercules Indonesia

1. Kapasitas Kargo Besar
3 Keunggulan C-130J-30 Super Hercules, Pesawat Indonesia yang Akan Terbang ke Gaza

C-130J-30 Super Hercules mampu digunakan untuk mengangkut berbagai jenis kargo, termasuk pasukan, kendaraan tempur hingga logistik bantuan kemanusiaan. Pesawat ini juga bisa melakukan operasi pendaratan di landasan pacu pendek dan kasar, sehingga membuatnya cocok untuk digunakan pada daerah atau wilayah terpencil.

Kehadiran pesawat ini akan meningkatkan kekuatan dan mobilitas Angkatan Udara Indonesia. Bukan hanya sebagai penjaga kedaulatan wilayah negara, namun juga merespon kondisi seperti terjadinya bencana alam hingga pelaksanaan operasi bantuan kemanusiaan.

Terlebih, pesawat Super Hercules ini memiliki kapasitas angkut kargo yang besar, yakni mencapai 20 ton. Maka dari itu, penggunaannya akan sangat cocok untuk misi bantuan kemanusiaan seperti ke Gaza.

2. Jarak Jangkau Luas

Mengutip laman resmi Lockheed Martin, Super Hercules seri J ditenagai empat turboprop Rolls-Royce AE 2100D3. Bekal tersebut mampu menyemburkan hingga 4.700 tenaga kuda.

Sejalan dengan dapur pacunya yang bandel, C-130J-30 akan bisa mencapai kecepatan maksimal 660 km/jam (mach 0,58) di ketinggian 6.706 meter. Sedangkan untuk daya jangkaunya sebesar 4.425 km.

3. Dibekali Teknologi Canggih

Pada perancangannya, C-130J-30 Super Hercules dibekali teknologi canggih. Sebagai contoh, hal ini bisa terlihat dari sistem navigasi dan komunikasi yang modern.

Pesawat ini memiliki dengan flight station yang canggih serta sistem avionik digital terintegrasi penuh. Untuk memudahkan pengoperasian, tersemat juga penggunaan glass cockpit.



Selain itu, C-130J-30 Super Hercules juga memiliki sejumlah fitur dalam kemampuan airdrop yang menjadikannya sangat cocok untuk misi bantuan kemanusiaan. Di antaranya seperti Precision Airdrop System (PADS) hingga Dual Rail Airdrop System.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki C-130J-30 Super Hercules, pesawat Indonesia yang akan digunakan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan di Gaza.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)