Duel Persib vs Persija Diundur, Kapolrestabes: Demi Keamanan

Selasa, 18 September 2018 - 11:09 WIB
Duel Persib vs Persija Diundur, Kapolrestabes: Demi Keamanan
Duel Persib vs Persija Diundur, Kapolrestabes: Demi Keamanan
A A A
BANDUNG - Laga klasik Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung dipastikan diundur dari Minggu 23 September menjadi 25 September 2018.

Bukan hanya tanggalnya, waktu pertandingan pun dimajukan dari rencana semula pukul 18.30 WIB menjadi sore hari, pukul 16.00 WIB. Beberapa pertimbangan melatarbelakangi pengunduran jadwal pertandingan dua kesebelasan dengan rivalitas tinggi itu.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, sebelum jadwal pertandingan Persib vs Persija diputuskan diundur, Polrestabes Bandung telah melakukan dialog dan diskusi dengan pihak Persib Bandung, Persija, dan panitia pelaksana.

Sebab, kata Irman, melihat kalender keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada Minggu (23/9/2018), bertepatan dengan kegiatan kampanye awal Pileg dan Pilpres 2019. KPU Jabar dan KPU Kota Bandung memiliki jadwal kegiatan itu.

Kemudian pada Senin (24/9/2018), akan berlangsung kegiatan Indonesian Day dan Asian Day yang diikuti oleh beberapa negara. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Global Land Forum (GLF) ke-8/2018 di mana Kota Bandung bertindak sebagai tuan rumah.

"Karena ada beberapa agenda kegiatan yang bersamaan pada 23 September, maka kami mengusulkan pertandingan Persib melawwan Persija diundur hari Selasa. Demi keamanan dan kondusivitas kan banyak yang harus kami pertimbangkan. Apalagi laga Persib-Persija ini menjadi pertandingan menarik, kan gitu," kata Irman kepada SINDONews, Selasa (18/9/2018).

Selain karena bertepatan dengan agenda kampanye awal Pileg dan Pilpres, ujar Irman, pengunduran laga Persib vs Persija juga mempertimbangkan waktu akhir pekan. Di mana, saat akhir pekan di Kota Bandung banyak kegiatan yang digelar masyarakat.

"Tentu karena akhir pekan, kami juga mempertimbangkan untuk mengamankan kegiatan-kegiatan masyarakat juga. Kami mengharapkan, pertandingan sepak bola ini aman, lancar, dan kondusif," ujar Irman.

Ditanya tentang jumlah personel yang diturunkan untuk mengamankan laga Maung Bandung kontra Macan Kemayoran, Irman menuturkan, jumlahnya lebih banyak dibanding saat pengamanan laga Persib versus Arema FC. "Tentu kami menyesuaikan ya. Jumlahnya lebih banyak dibanding pertandingan Persib lawan Arema," tutur Irman. agus warsudi
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)