Pengamanan Laga Persib vs Persija Libatkan TNI

Selasa, 18 September 2018 - 16:26 WIB
Pengamanan Laga Persib vs Persija Libatkan TNI
Pengamanan Laga Persib vs Persija Libatkan TNI
A A A
BANDUNG - Selain bakal mengerahkan jumlah personel lebih dibandingkan pertandingan sepak bola lain, Polrestabes Bandung juga melibatkan personel TNI untuk mengamankan pertandingan antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung.

"Disesuaikan nanti (jumlah personel). Karena ini pertandingan yang banyak mengundang massa, tentu jumlah personel akan lebih banyak daripada biasanya. Saat ini rencana pengamanan sedang disusun. Makanya kami rekomendasikan untuk diundur. Kami juga akan melibatkan unsur TNI dalam pengaman pertandingan nanti," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema di Polrestabes Bandung, Selasa (18/9/2018).

Selain menyusun rencana pengamanan, ujar Irman, pihaknya juga akan menggelar rapat koordinasi dengan panitia pelaksana (panpel) pertandingan, manajemen Persib, dan Persija. "Rencananya besok kami akan rapat koordinasi lebih lanjut untuk membahas pelaksanaan pertandingan. Pada intinya, kami mendukung pertandingan sepak bola," ujar Irman.

Irman kembali menegaskan, Polrestabes Bandung hanya merekomendasikan atau mengusulkan agar laga klasik Persib versus Persija diundur dari rencana Minggu 23 September 2018 menjadi Selasa 25 September 2018. Bukan hanya tanggalnya, waktu pertandingan pun dimajukan dari rencana semula pukul 18.30, menjadi sore hari, pukul 16.00 WIB. (Baca juga : Duel Persib vs Persija Diundur, Kapolrestabes: Demi Keamanan )Rekomendasi pengunduran pertandingan dua kesebelasan dengan rivalitas tinggi ini didasarkan atas beberapa pertimbangan. Pertama melihat kalender keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada Minggu 23 September 2018 bertepatan dengan kegiatan kampanye awal Pileg dan Pilpres 2019. KPU Jabar dan KPU Kota Bandung memiliki jadwal kegiatan itu.

Kemudian, pada Senin 24 September 2018, akan berlangsung kegiatan Indonesian Day dan Asian Day yang diikuti oleh beberapa negara. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Global Land Forum (GLF) ke-8/2018. Kota Bandung bertindak sebagai tuan rumah.

"Karena ada beberapa agenda kegiatan yang bersamaan pada 23 September, maka kami mengusulkan pertandingan Persib melawan Persija diundur hari Selasa. Demi keamanan dan kondusivitas kan banyak yang harus kami pertimbangkan. Apalagi laga Persib-Persija ini menjadi pertandingan menarik, kan gitu," ujar Irman.

Selain karena bertepatan dengan agenda kampanye awal Pileg dan Pilpres, ujar Irman, pengunduran laga Persib vs Persija juga mempertimbangkan waktu akhir pekan. Saat akhir pekan di Kota Bandung banyak kegiatan yang digelar masyarakat.

"Tentu karena akhir pekan, kami juga mempertimbangkan untuk mengamankan kegiatan-kegiatan masyarakat juga. Kami mengharapkan, pertandingan sepak bola ini aman, lancar, dan kondusif," ujar Irman.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3461 seconds (0.1#10.140)