Film Shogun Angkat Kisah Nyata Keshogunan Tokugawa, Perebutan Kekuasaan di Jepang

Kamis, 14 Maret 2024 - 20:03 WIB
loading...
Film Shogun Angkat Kisah Nyata Keshogunan Tokugawa, Perebutan Kekuasaan di Jepang
Drama Shogun menarik perhatian kritikus film lantaran didasari pada perebutan kekuasaan Jepang yang sesungguhnya. Foto/ fx
A A A
JAKARTA – Drama Shogun menarik perhatian kritikus film lantaran didasari pada perebutan kekuasaan Jepang yang sesungguhnya.

Dikutip Esquire, jika peristiwa-peristiwa yang terjadi di Shogun terasa seperti didasarkan pada fakta sejarah, itu karena sebagian besar ceritanya didasarkan pada perebutan kekuasaan di kehidupan nyata.



Penulis James Clavell meminjam banyak tokoh sejarah abad ke-17 untuk novelnya pada 1975 dengan judul yang sama, yang sangat mendramatisasi kisah orang Inggris pertama yang berlayar ke Jepang.

Karya fiksi sejarahnya menjadi mini seri populer pada 1980 hingga banyak pengamat budaya mengaitkan kesuksesan tersebut dengan meningkatnya minat terhadap sushi di Barat.

Meski Clavell—yang berasal dari Inggris—meningkatkan kisah kedatangan John Blackthorne di Jepang dan pengaruhnya terhadap Keshogunan Tokugawa, banyak karakter dan peristiwa yang digambarkan dalam Shogun didasarkan pada fakta sejarah.

Minggu ini, FX memulai debut dua episode pertama dari film Shogun—dan ini sudah menjadi hits di kalangan kritikus.

Serial ini dibintangi oleh Hiroyuki Sanada (John Wick: Chapter 4) sebagai Lord Toranaga dan Cosmo Jarvis (Persuasion) sebagai John Blackthorne. Namun, apa fakta dan fiksi dalam adaptasi terbaru Shogun?

Peristiwa dalam serial ini dimulai dengan kematian Toyotomi Hideyoshi, yang merupakan "Pemersatu Besar Jepang" kedua.

Di Shogun, dia disebut Taiko, yang merupakan gelar yang diberikan kepada pensiunan penasihat mantan kaisar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)