Striker Harry Kane dan Mohamed Salah Kembali Cetak Gol

Senin, 24 September 2018 - 08:56 WIB
Striker Harry Kane dan Mohamed Salah Kembali Cetak Gol
Striker Harry Kane dan Mohamed Salah Kembali Cetak Gol
A A A
LONDON - Striker Tottenham Hotspur Harry Kane dan penyerang sayap Liverpool Mohamed Salah bangun dari tidur. Kane mencetak gol saat Spurs membenamkan Brighton and Hove Albion 2-1, sedangkan Salah pada laga melawan Southamtpon.

Kane sempat mendapatkan sorotan karena sudah lima pertandingan bersama klub dan timnas tidak mencetak gol. Penyerang timnas Inggris tersebut terakhir kali membuat gol saat pertandingan menghadapi Manchester United di Stadion Old Trafford (28/8). Produktivitasnya kemudian berhenti di dua laga timnas Inggris dan tiga laga bersama The Lilywhites.

Spekulasi berlanjut bahwa Kane sedang mengalami kelelahan. Apalagi statistik personal memperlihatkan jika pemain berusia 26 tahun menurun dalam banyak sisi. Mulai dari rata-rata kecepatannya, kemampuannya menembak dari luar lapangan, serta jumlah tembakan yang juga mengalami penurunan.

Namun, Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino membantah jika pemainnya mengalami kelelahan. Pochettino tetap menurunkan Kane dalam semua pertandingan Tottenham, baik di Liga Primer atau Liga Champions sebagai starter.

“Bagi saya, Kane adalah satu dari yang terbaik. Dia merupakan salah satu pemain terbaik di tim ini. Tak ada keraguan untuk itu,” kata Pochettino.

Pernyataan Pochettino benar, terutama jika melihat penampilan Kane di The American Express Community Stadium, Minggu (23/9). Kane yang menjadi starter setelah mandul pada laga melawan Inter Milan di Liga Champions, tampil ganas saat di kandang Brighton.

Meski golnya dari titik penalti empat menit sebelum babak pertama berakhir, tapi dia menjadi pemain paling banyak melakukan tembakan ke gawang lawan. Ada lima percobaan tembakan, yang empat di antaranya tepat sasaran.

Satu gol Spurs lainnya diciptakan Erick Lamela. “Selalu ada tempat untuknya di lapangan, karena dia adalah pemain istimewa. Dia pemain yang bagus, bukan saja karena hari ini mencetak gol. Saat dia tak mencetak gol, penilaian tetap sama,” katanya.

Selain Kane, kebangkitan juga diperlihatkan Salah bersama Liverpool. Mendapat kritik karena gagal mencetak gol di laga melawan Paris Saint-Germain pada ajang Liga Champions dan Tottenham Hotspur, Salah akhirnya bangkit. Dia mencetak satu dari tiga gol The Reds saat menjamu Southampton.

Pemain asal Mesir yang musim lalu menjadi top skor Liga Primer dan masuk dalam kandidat pemain terbaik Eropa ini mendapatkan kritik karena penampilannya tak sebagus musim lalu. Produktivitas mantan pemain AS Roma itu justru berada di bawah Sadio Mane yang terlihat menonjol di lima pertandingan Liga Primer.

Meski berbicara produktivitas, Salah tidak hanya terpaut satu gol dari Mane dan lebih banyak dibanding Roberto Firmino. Karena itu, Pelatih Liverpool Jurgen Klopp berulang kali membantah jika Salah sedang mengalami krisis. “Krisis apa? Banyak yang lupa bagaimana Salah mengawali musim lalu,” kata Klopp dikutip BBC.

Justru jika dibanding musim lalu, menurut pelatih asal Jerman itu, Salah memiliki produktivitas lebih baik. Pada enam pertandingan musim 2017/2018, Salah hanya melesakkan satu gol. Sekarang sudah tiga gol dilesakkan. “Tidak ada yang ingat saat tersebut. Jadi tidak ada masalah,” kata Klopp yang membawa Salah dari AS Roma.

Dia mengaku ada harapan besar pada Salah apalagi melihat penampilannya musim lalu. Namun, sebagai pelatih, dia tidak memberi tekanan berat pada pemain. “Kami memang ingin dia mencetak gol, tapi jika memang memungkinkan,” katanya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1980 seconds (0.1#10.140)