5 Negara Asia yang Menjadi Sekutu Setia Israel

Jum'at, 15 Maret 2024 - 16:58 WIB
loading...
5 Negara Asia yang Menjadi Sekutu Setia Israel
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyambut Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di istana kepresidenan di Singapura. Foto/REUTERS
A A A
SINGAPURA - Hubungan antara negara-negara Asia dan Israel telah menjadi topik yang menarik perhatian selama beberapa dekade terakhir.

Meskipun kompleks dan sering kali kontroversial, kerja sama ini mencakup berbagai bidang, dari militer hingga teknologi dan perdagangan.

Kita akan melihat sejumlah negara Asia yang menjadi sekutu setia Israel tersebut.

1. India


India mengakui Israel pada tahun 1950 dan hubungan diplomatik penuh terjalin pada tahun 1992. Keduanya memiliki hubungan yang kuat dalam bidang ekonomi, militer, dan politik.

Negara Asia itu adalah klien terbesar Israel untuk penjualan peralatan militer. Keduanya juga berkolaborasi dalam bidang teknologi, pertanian, dan perdagangan.

Kerja sama itu membuat India memproduksi sejumlah senjata Israel di negaranya, termasuk drone yang digunakan rezim Zionis dalam perang di Jalur Gaza.

2. Azerbaijan


Azerbaijan dan Israel mulai menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1992 setelah kemerdekaan Azerbaijan dari Uni Soviet.

Keduanya memiliki hubungan strategis dan ekonomi yang kuat. Israel membantu Azerbaijan dalam modernisasi militer dan keamanan.

3. Vietnam


Vietnam dan Israel mulai menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1993. Israel membuka kedutaan besar di Hanoi pada tahun yang sama.

Keduanya berkolaborasi dalam bidang pertanian, teknologi, dan budaya. Vietnam adalah mitra dagang terbesar Israel di Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)