Arkeolog Temukan Kuil Kuno Buddha di China Utara

Sabtu, 16 Maret 2024 - 07:32 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Kuil Kuno Buddha di China Utara
Para arkeolog menemukan sebuah kuil Buddha di kota Datong. (Foto: Xinhua)
A A A
JAKARTA - Para arkeolog telah menemukan sebuah kuil Buddha di kota Datong, yang terletak di provinsi Shanxi, China. Datong terletak di perbatasan antara wilayah pertanian Tiongkok dan para nomaden Stepa Besar, yang pertama kali ditaklukkan oleh klan Zhao dari Jin pada tahun 457 SM.

Kota ini didirikan pada masa Dinasti Han pada tahun 200 SM, kemudian menjadi ibu kota Dinasti Wei Utara yang didirikan oleh Xianbei pada 386 hingga 535 M. Rentang waktu ini adalah periode penyatuan China utara dan berakhirnya masa kekacauan Periode 16 Kerajaan.

Xinhua melaporkan, terletak di distrik Pingcheng kota Datong, kuil ini memiliki pagoda di bagian tengah dan kemungkinan terkait dengan istana kerajaan terdekat dari Dinasti Wei Utara.



Pagoda China adalah menara berundak yang merupakan bagian dari arsitektur China. Contoh yang ditemukan di Datong adalah pagoda awal berbentuk persegi, bentuk khas dari Dinasti Sui dan Tang.

Dilansir dari Heritage Daily, penggalian lantai pagoda telah mengungkapkan lubang berbentuk persegi yang berisi mutiara, cincin kuningan, dan perhiasan karang. Lebih dari 200 patung Buddha yang terawat baik juga ditemukan di fondasi pagoda, beberapa di antaranya dicat dan dihiasi dengan daun emas.



Beberapa fitur arsitektur dari pagoda menunjukkan bahwa pagoda tersebut dihiasi dengan mural yang dilukis. Menurut Li Shuyun dari Institut Arkeologi Provinsi, penemuan ini memberikan wawasan baru tentang bentuk arsitektur pembangunan pagoda Buddha selama Dinasti Wei Utara dan merupakan fondasi pagoda yang terawat paling baik yang ditemukan di Datong.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)