Timses Jokowi-Ma'ruf: Perlu Langkah Efektif Hilangkan Permusuhan Suporter

Selasa, 25 September 2018 - 22:00 WIB
Timses Jokowi-Maruf: Perlu Langkah Efektif Hilangkan Permusuhan Suporter
Timses Jokowi-Ma'ruf: Perlu Langkah Efektif Hilangkan Permusuhan Suporter
A A A
JAKARTA - Publik kembali dikejutkan dengan ulah oknum suporter brutal yang menawaskan suporter Persija Jakarta (The Jakmania) bernama Haringga Sirila. Haringga harus meregang nyawa setelah dikeroyok oknum suporter sebelum laga Persib dan Persija yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu, 23 September 2018.

Terkait insiden ini, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH. Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Haringga. Menurut Hasto, tak seharusnya sportivitas sepak bola diciderai dengan aksi-aksi di luar kemanusiaan.

"TKN menyatakan belasungkawa yang mendalam atas kejadian yang menimpa Haringga. Kami sangat prihatin dan menyayangkan peristiwa ini. Kami mengecam oknum pelaku pengeroyokan dan meminta agar pihak kepolisian untuk mengusut secara tuntas kasus tersebut," ujar Hasto dalam siaran persnya, Selasa (25/9/2018).

Ditambahkan oleh Hasto bahwa sepak bola seharusnya mempersatukan, bukan sebaliknya. Karena esensi dari olahraga adalah berkaitan dengan sportivitas dan menguatkan nilai-nilai kemanusiaan, karena itu kami berharap kejadian ini tak terulang di sepak bola Indonesia.

Disamping itu, Hasto menekankan pentingnya upaya untuk memutus mata rantai permusuhan antar-suporter sepak bola yang menurutnya sudah mengkhawatirkan. Sekjen DPP PDI Perjuangan itu berharap mata rantai permusuhan tersebut harus segera diputus karena menjadi penghambat kemajuan sepak bola Indonesia.

"Para pemangku kepentingan terkait dengan kemajuan sepak bola tersebut harus bisa menciptakan sepak bola yang menyenangkan bagi semua pihak. Permusuhan antar suporter ini telah membuat pertandingan sepak bola terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan dan tidak enak lagi ditonton," tandasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6160 seconds (0.1#10.140)