Misteri Makam Tokoh Islam di Samping Candi Peninggalan Sanjaya Era Mataram Kuno

Minggu, 17 Maret 2024 - 06:15 WIB
loading...
Misteri Makam Tokoh Islam di Samping Candi Peninggalan Sanjaya Era Mataram Kuno
Bangunan Candi Cangkuang. Foto/Ist
A A A
Sebuah makam konon terdapat di samping bangunan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno era Dinasti Sanjaya. Bangunan ini berada di samping Candi Cangkuang, yang berada di wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Desa Cangkuang sendiri dikelilingi oleh empat gunung besar di Jawa Barat, yakni Gunung Haruman, Gunung Kaledong, Gunung Mandalawangi, dan Gunung Guntur.

Nama Candi Cangkuang diambil dari nama desa tempat candi ini berada. Nama Cangkuang berasal dari nama tanaman sejenis pandan (pandanus furcatus). Nama cangkuang sendiri diambil dari daun cangkuang yang dapat dimanfaatkan untuk membuat tudung, tikar, atau pembungkus.

Lokasi candi berada di tengah pulau kecil di tengah Danau Cangkuang. Candi ini merupakan merupakan candi pertama yang ditemukan di Tatar Sunda. Tak hanya candi ini merupakan satu-satunya candi Hindu yang ada di Tatar Sunda, sebagaimana dinukil dari buku "Babad Tanah Jawi" dari Soedjipto Abimanyu.

Namun di kompleks candi itu konon ada makam yang mengherankan. Sebab makam itu merupakan makam Islam di samping Candi Cangkuang dengan jarak tiga meter. Makam ini merupakan makam Embah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk Desa Cangkuang.



Bangunan Candi Cangkuang yang sekarang dapat kita saksikan merupakan hasil pemugaran yang diresmikan pada tahun 1978. Di candi ini juga terdapat sebuah arca dengan tahun 1800-an. Arca ini berada pada posisi sedang bersila di atas padmasana ganda.

Kaki kiri menyilang datar yang alasnya menghadap ke sebelah dalam paha kanan. Kaki kanan menghadap ke bawah beralaskan lapik. Di depan kaki kiri, terdapat kepala sapi (nandi) yang telinganya mengarah ke depan.

Adanya kepala nandi, para ahli menganggap bahwa ini adalah arca Siwa. Kedua tangannya menengadah di atas paha. Pada tubuhnya terdapat penghias perut, penghias dada, dan penghias telinga.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)