Mengenal Apollo, Robot yang Dipekerjakan Mercedes-Benz Merakit Mobil

Senin, 18 Maret 2024 - 13:30 WIB
loading...
Mengenal Apollo, Robot yang Dipekerjakan Mercedes-Benz Merakit Mobil
Robot Apollo bertugas mengambil komponen guna meringankan tugas manusia di jalur perakitan mobil. (Foto: Interesting Engineering)
A A A
JAKARTA - Pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz mulai menggunakan robot-robot humanoid untuk merakit mobil secara manual. Robot yang digunakan adalah Apollo milik Apptronik yang akan menyelesaikan tugas-tugas sederhana seperti mengambil atau membawa komponen guna meringankan tugas manusia di jalur perakitan.

Dilansir dari Interesting Engineering, Senin (18/3/2024), robot humanoid ini juga akan digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas perakitan ringan. Hal ini akan membebaskan pekerja manusia untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting dan mengurangi risiko cedera atau keselamatan lainnya yang terkait dengan tugas-tugas manual.

“Mercedes berencana menggunakan robotika dan Apollo untuk mengotomatiskan beberapa pekerjaan manual yang membutuhkan keterampilan rendah dan menantang secara fisik, sebuah contoh kasus yang akan kita lihat ditiru oleh organisasi lain dalam beberapa bulan dan tahun mendatang,” kata CEO Apptronik Jeff Cardenas.



Robot Apollo memiliki tinggi 5 kaki, 8 inci (1,77 meter), beratnya bisa mencapai 55 pon (25 kg), dan beratnya 160 pon (72,6 kg). Ia dapat beroperasi selama sekitar empat jam tanpa henti dengan satu baterai. Wujudnya sama seperti manusia dengan dua lengan, kaki, badan, dan kepala. Robot tersebut juga memiliki layar di bagian dadanya yang menampilkan berbagai macam informasi.

Apollo juga memiliki fitur keselamatan canggih yang menghentikannya ketika mendeteksi benda atau orang bergerak di dalam zona tumbukan.

Selain itu, robot tersebut memiliki perangkat lunak yang memungkinkannya dikendalikan dari jarak jauh, dan menurut situs web perusahaan, robot tersebut bahkan dapat dioperasikan menggunakan perangkat seperti pengontrol permainan.



Selain itu, kekuatan komputasi Apollo memungkinkan perusahaan-perusahaan AI terkemuka untuk menyelesaikan kasus-kasus penggunaan di luar kasus-kasus yang pada awalnya akan diselesaikan oleh Apptronik, mirip dengan konsep iPhone, perangkat keras kelas dunia yang ramah pengguna yang dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang telah dibuat sebelumnya dan dapat tambahkan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Hal ini dapat berarti bahwa Mercedes-Benz dapat memanfaatkan Apollo untuk memeriksa suku cadang kendaraan, membawa suku cadang ke jalur perakitan untuk dirakit oleh pekerja manusia, dan mengirimkan suku cadang kit, serta potensi penggunaan lainnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)