4 Minuman yang Perlu Dihindari saat Buka Puasa, Bisa Alami Masalah Pencernaan

Selasa, 19 Maret 2024 - 10:31 WIB
loading...
4 Minuman yang Perlu Dihindari saat Buka Puasa, Bisa Alami Masalah Pencernaan
Berbuka puasa dengan minuman segar memang begitu nikmat. Namun, Anda perlu menghindari beberapa minuman saat buka puasa. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Berbuka puasa dengan minuman segar memang begitu nikmat. Namun, Anda perlu memilah minuman yang baik dan yang perlu dihindari saat buka puasa.

Ada beberapa minuman yang bisa memengaruhi kesehatan bila terlalu sering dikonsumsi saat buka puasa. Apa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.


1. Air Dingin

Pertama ada air dingin. Meski menyegarkan, berbuka puasa langsung dengan air dingin bisa memicu masalah kesehatan.

Melansir Oman Observer, meminum air dingin saat perut kosong membuat proses pencernaan menjadi sulit karena adanya kontraksi otot-otot lambung.

Hal ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah kapiler sehingga tidak mendapatkan manfaat dari nutrisi, vitamin dan mineral yang terdapat pada makanan, sehingga membuat perut kembung.

2. Kopi

Selanjutnya ada kopi. Kopi mengandung kafein yang perlu dihindari saat berbuka puasa. Pasalnya, kafein menyebabkan hilangnya air sehingga meningkatkan rasa haus. Selain itu, kafein dalam kopi juga bisa memicu kontraksi otot sehingga memicu masalah pencernaan.

3. Teh

Sama halnya dengan kopi, teh juga mengandung kafein sehingga baiknya dihindari saat berbuka puasa. Kafein yang terkandung pada teh juga bisa memicu naiknya asam lambung hingga masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.


4. Minuman Bersoda

Satu lagi ialah minuman bersoda. Meski rasanya nikmat dan menyegarkan, minuman bersoda sebaiknya tak diminum saat perut kosong.

Usahakan untuk menghindari minum air bersoda di bulan Ramadan. Ini karena minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa kenyang serta menurunkan kualitas pencernaan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)