Mengapa Drone Jadi Senjata Pamungkas untuk Bertahan dalam Perang dengan Rusia?

Selasa, 19 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
Mengapa Drone Jadi Senjata Pamungkas untuk Bertahan dalam Perang dengan Rusia?
Ukraina mengandalkan drone dalam perang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pengembangan sistem tak berawak, atau drone , adalah kunci untuk memberi Kyiv keunggulan dibandingkan pasukan Rusia yang "lebih unggul secara jumlah". Itu diungkapkan Panglima Ukraina Oleksandr Syrskyi saat berbicara tentang pertahanan Ukraina di tengah kemunduran dalam perang melawan Rusia.

“Pengembangan penggunaan sistem tak berawak adalah prioritas saya,” kata Syrskyi melalui Telegram setelah bertemu dengan wakilnya, Vadym Sukharevskyi, dilansir Reuters “Kami mencari solusi asimetris untuk mendapatkan keunggulan kualitatif dibandingkan lawan yang lebih unggul secara numerik.”

Meningkatnya penggunaan drone oleh kedua belah pihak telah mengalihkan konflik dari medan perang ke saling menyerang infrastruktur militer, energi, dan transportasi masing-masing pihak.

Ketika militer Ukraina kalah jumlah persenjataan di medan perang, pasukan Moskow meningkatkan tekanan di sepanjang garis depan dan meraih kemajuan secara bertahap.



Presiden Vladimir Putin, yang pada hari Minggu diberikan tambahan kekuasaan selama enam tahun setelah memenangkan pemilihan presiden Rusia, mengatakan pasukan Moskow memiliki keuntungan di medan perang Ukraina dan berjanji untuk melanjutkan operasi militernya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sebagai bagian dari reformasi militernya memerintahkan pada bulan Februari pembentukan cabang terpisah dari angkatan bersenjata Ukraina yang dikhususkan untuk drone. Sukharevskyi ditugaskan untuk mengembangkan sistem tak berawak dan penggunaannya oleh tentara.

Analis militer mengatakan drone berpotensi memberi Ukraina keunggulan teknologi dibandingkan Moskow, mengingat kekurangan peluru artileri dan senjata tradisional lainnya. Namun industri drone Rusia juga berkembang pesat.

Ketika drone menjadi lebih kecil, lebih mematikan dan dapat melakukan perjalanan lebih jauh, Ukraina telah menggunakan sejumlah drone untuk menyerang kilang minyak di Rusia dalam beberapa bulan terakhir, sehingga mengurangi sekitar 7% kapasitas pengilangannya pada kuartal pertama.

Serangan drone udara dan laut Ukraina terhadap Armada Laut Hitam Rusia di Krimea, yang beberapa di antaranya berhasil, juga telah mendorong kementerian pertahanan Rusia pada akhir pekan lalu untuk berjanji melindungi armada tersebut dari serangan di masa depan.

Invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina dimulai lebih dari dua tahun lalu dan sejak itu telah menewaskan ribuan orang di kedua belah pihak dan membuat jutaan warga Ukraina mengungsi.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0816 seconds (0.1#10.140)