Diguncang Gempa Tuban, Bledug Grobogan Muntahkan Lumpur Encer

Jum'at, 22 Maret 2024 - 22:36 WIB
loading...
Diguncang Gempa Tuban, Bledug Grobogan Muntahkan Lumpur Encer
Guncangan gempa bumi terasa dua kali di Grobogan, Jumat (22/3/2024). Tercatat dua kali terasa gempa selama seharian hingga Bledug Cangkring memuntahkan lumpur. Foto/Ist
A A A
GROBOGAN - Guncangan gempa bumi terasa dua kali di Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (22/3/2024). Tercatat dua kali terasa gempa selama seharian.

Alhasil, Bledug Cangkring yang satu kompleks dengan Bledug Kuwu pun memuntahkan lumpur encer berkandungan garam.



"Benar tadi sini (Grobogan) dua kali terasa gempa. Tapi gempa pada sore sekitar jam 4 sore lebih besar dan terasa mengagetkan," jelas Kepala Dinas Pariwisata Grobogan, Edy Santoso kepada MNC Portal Indonesia (MPI).

Usai gempa kedua, mantan Kepala Dinas Sosial ini menyebutkan bahwa ada luapan lumpur encer cukup besar.

Luapan lumpur yang biasanya disebut baby vulcano ini menjadi sorotan warga dan pengendara. Meski demikian, Edy mengaku bahwa kejadian tersebut lumrah terjadi.

"Iya muntahan lumpur muncul tapi di lubang Bledug Cangkring bukan di lubang Bledug Kuwu total. Itu (muntahan lumpur) biasa terjadi usai terjadi gempa. Bukan hal mengejutkan atau menakutkan, lumrah dan biasa terjadi," lanjutnya.



Sementara itu saat ditanya apakah aktivitas lumpur muntahan akibat gempa ini sering terjadi, Edy memastikan bahwa rentan waktu 2024 ini baru sekali.

Namun, jika ada gempa dan terasa di Kabupaten Grobogan dengan SR tertentu akan membuat lubang bledug memuntahkan lumpur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)