Profil Alireza Faghani, Wasit Kontroversial yang Pimpin Laga Vietnam vs Indonesia

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:30 WIB
loading...
Profil Alireza Faghani, Wasit Kontroversial yang Pimpin Laga Vietnam vs Indonesia
Keberadaan Alireza Faghani pada laga Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024), sepertinya menarik untuk diulas / Foto: Iranintl
A A A
Keberadaan Alireza Faghani pada laga Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024), sepertinya menarik untuk diulas. Pasalnya, ia dikenal sebagai salah satu wasit kontroversial.

Penunjukkan Alireza Faghani sebagai wasit pada laga Vietnam vs Indonesia semakin memanaskan persaingan perebutan tiga poin. Dia merupakan wasit yang memiliki segudang pengalaman memimpin pertandingan di kawasan Asia, termasuk sebagai wasit utama A-League Australia.

Faghani adalah sosok wasit yang kontroversial. Dia pernah jadi perbincangan media karena mengusir striker Irak Aymen Hussein hanya karena mengulur waktu pertandingan.



Sejak saat itu ketenarannya dalam memimpin pertandingan mulai dipertanyakan.
Kini, AFC mempercayai Alireza Faghani untuk memimpin laga krusial yang mempertemukan Vietnam vs Indonesia.

Bagi Vietnam, Alireza Faghani dianggap membawa keberuntungan. Suporter Vietnam optimistis dengan penunjukkan wasit yang memulai kariernya pada 2007 tersebut.

Dia dianggap membawa keberuntungan karena pernah memimpin Vietnam meraih kemenangan di Leg kedua final Piala AFF 2018 (vs Malaysia) dan Babak 16 besar Piala Asia 2019 (vs Yordania). Lantas bagaimana dengan Indonesia?



Alireza Faghani sebenarnya bukan sosok asing buat publik sepak bola nasional. Dia pernah memimpin laga di kompetisi Liga 1 pada musim 2017.

Faghani juga pernah menjadi juru adil di laga Persija vs Persib Bandung pada Liga 1. Selama enam laga di Liga 1 2017, Alireza Faghani terbilang sosok yang tegas.

Alireza Faghani mengeluarkan 17 kartu kuning dan 1 kartu merah selama memimpin. Royalnya dia dalam memberikan kartu kuning menandakan ketegasan. Sehingga tak aneh jika AFC menunjuknya di laga krusial ini. Akankah kisah wasit dari Iran ini akan berhasil menolong Vietnam atau justru sebaliknya?
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)