China Pamerkan Helikopter Canggih Z-21, Pesaing Apache Amerika

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:05 WIB
loading...
China Pamerkan Helikopter Canggih Z-21, Pesaing Apache Amerika
Helikopter tempur canggih Z-21 buatan China. (Foto: X @RupprechtDeino)
A A A
JAKARTA - China terus mengembangkan jenis persenjataan baru. Berdasarkan informasi yang beredar, Negeri Tirai Bambu itu tengah membangun helikopter tempur canggih Z-21.

Helikopter ini menarik perhatian karena memiliki karakteristik yang mirip dengan tiga model terkenal. Yaitu AH-64 Apache Amerika, helikopter serang Mi-28 Rusia, dan helikopter Z-20.

Dilansir dari Essanews, Rabu (27/3/2024), gambar dan video yang menunjukkan helikopter serang baru China beredar di media sosial. Helikopter baru ini secara signifikan berbeda dari helikopter tempur yang saat ini digunakan China.

Andreas Rupprecht, pakar angkatan udara China, memverifikasi keaslian foto-foto tersebut dan mengonfirmasi bahwa Z-21 merupakan pengembangan dari Z-XX. Helikopter ini dirancang untuk menjadi platform tangguh yang mampu membawa persenjataan besar dan kuat, mirip dengan Apache atau Mi-28 Rusia.

Rupprecht percaya bahwa Z-21 adalah helikopter serang berat yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) untuk melakukan dukungan udara jarak dekat ke pasukan darat, menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya, serta melakukan operasi anti-kapal.



Meskipun detail spesifikasi powertrain Z-21 masih dirahasiakan, kemungkinan helikopter tempur ini menggunakan mesin yang diadaptasi dari Z-20. Helikopter ini diprediksi akan beroperasi dalam waktu tiga tahun mendatang, menyaingi Apache di medan tempur.

Dari gambar dan video yang beredar, helikopter tempur Z-21 kemungkinan dilengkapi berbagai fitur canggih, antara lain:

1. Rotor utama berbilah lima

Desain rotor ini memberikan keseimbangan antara kinerja dan stabilitas, memungkinkan Z-21 bermanuver dengan cepat dan gesit di medan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)