IUCN Pastikan Populasi Harimau di Dunia Terus Bertambah

Jum'at, 29 Maret 2024 - 18:35 WIB
loading...
IUCN Pastikan Populasi Harimau di Dunia Terus Bertambah
Populasi harimau di dunia terus bertambah. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
JAKARTA - Harimau menyandang predikat hewan yang terancam punah sedikit terbantahkan. Menurut penilaian populasi baru oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).



Populasi harimau liar berada di antara 3.700 dan 5.600, naik 40 persen dari penilaian harimau terakhir pada 2015, kata IUCN dalam laporan pada 21 Juli 2023 lalu. Perbaikan dalam pemantauan menyebabkan angka yang lebih tinggi, kata laporan itu.

Meski masih terancam punah, populasi harimau dunia kini stabil atau cenderung meningkat, menurut laporan tersebut. IUCN menghargai program konservasi habitat karena memungkinkan populasi tumbuh.

Ancaman utama terhadap harimau di alam liar termasuk perburuan dan perusakan habitat serta fragmentasi karena pengembangan dan perluasan pertanian, menurut organisasi itu.

IUCN merekomendasikan untuk memperluas dan menghubungkan kawasan lindung dan memastikan bahwa kawasan ini “dikelola secara efektif” sebagai cara untuk menyelamatkan populasi harimau. Selain itu, konservasionis harus bekerja dengan masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar habitat harimau untuk memperkuat perlindungan harimau.

Dr. Jon Paul Rodríguez, ketua komisi kelangsungan hidup spesies IUCN, menyatakan dalam laporannya bahwa pemulihan jumlah harimau menunjukkan bahwa hal itu mungkin dilakukan untuk memecahkan tantangan konservasi yang kompleks.

“Meskipun harimau masih terancam punah, populasi mereka tampak stabil atau cenderung meningkat. Kita perlu belajar dari keberhasilan konservasi ini, membagikannya kepada publik, dan meningkatkan investasi kita dalam aksi konservasi berbasis bukti,” kata Rodriguez

Mayoritas populasi harimau dunia tinggal di India, yang menjadikannya negara yang kritis dalam upaya melindungi hewan. Perkiraan resmi menunjukkan bahwa India memi- liki 2.697 harimau pada 2020, naik dari 2.226 pada 2014. Upaya untuk melindungi harimau di negara itu telah dimulai sekitar 50 tahun yang lalu.

Namun, Ullas Karanth, Direktur Pusat Studi Satwa Liar di Bangalore, India, yakin masih banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah harimau di negara itu.

“Kami memiliki sekitar 2.000 harimau 50 tahun yang lalu dan sekarang memiliki sekitar 3.000. Mengingat potensi habitat lebih dari 300.000 kilometer persegi, yang berpotensi menampung 15.000 harimau, saya akan mengatakan bahwa kami belum mencapai banyak hal,”kata Karanth kepada Anadolu Agency.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0594 seconds (0.1#10.140)