UD Melilla, Klub Spanyol di Benua Hitam

Rabu, 31 Oktober 2018 - 16:26 WIB
UD Melilla, Klub Spanyol di Benua Hitam
UD Melilla, Klub Spanyol di Benua Hitam
A A A
MELILLA - Real Madrid akan menghadapi klub Segunda B (divisi tiga Liga Spanyol) UD Melilla di babak 32 besar Copa del Rey. Ini merupakan lawatan pertama Madrid ke benua Afrika di ajang Copa del Rey.

Leg pertama babak 32 besar akan berlangsung di markas UD Melilla di Estadio Municipal Alvarez Claro, Kamis (1/11/2018) dini hari WIB. Melilla sendiri merupakan kota otonom Spanyol yang terletak di pantai utara Afrika.

Melilla menjadi bagian dari Spanyol sejak 1497. Ketika itu, Kerajaan Spanyol melakukan invasi di semenanjung Iberia yang berakhir pada penaklukan beberapa daerah di daratan Afrika. Spanyol berhenti melakukan invasi pada tahun 1492.

Seperti kebanyakan kota di cekungan Mediterania, Melilla tumbuh dengan akulturasi budaya yang kental dengan peradaban tiga agama; Kristen, Islam, dan Yahudi. Maroko sempat menuntut kedaulatan Melilla lewat invasi Kerajaan Fez, namun kota tersebut tidak pernah berhasil direbut dari tangan Spanyol.

Maroko merupakan wilayah jajahan Prancis yang mendapat kemerdekaan pada 7 April 1956. Pada saat itu Prancis melepas semua daerah jajahan mereka, tetapi tidak semua yang berada di daratan Maroko adalah milik Prancis. Dua kota pelabuhan Spanyol, Melilla dan Ceuta juga berada di area Maroko namun tetap milik Spanyol.

Ketegangan Maroko-Spanyol terakhir kali terjadi pada tahun 1893. Pada saat itu Maroko terus menuntut kembalinya wilayah Melilla dan potongan-potongan lain tanah Spanyol di Afrika. Pada tahun 2017, Spanyol mengumumkan bahwa populasi penduduk di Melilla mencapai 86.120 jiwa.
UD Melilla, Klub Spanyol di Benua Hitam

Menurut Transfermarkt, di musim 2018/2019, empat dari 21 pemain UD Melilla berdarah darah Maroko. Hanya satu pemain asli Spanyol yang memperkuat tim tersebut.

Sepak bola di Melilla tak lepas dari pengaruh Spanyol. Pada 1912, organisasi sepakbola Melilla dibentuk. Berbagai klub pernah lahir di sana, namun hanya UD Melilla dan Melilla FC yang berhasil bertahan sampai sekarang.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4716 seconds (0.1#10.140)