alexametrics

Liga Primer Inggris 2018/2019

Jelang Derby Manchester, FA Minta Mourinho Dihukum

loading...
Jelang Derby Manchester, FA Minta Mourinho Dihukum
Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengajukan banding atas keputusan Komisi Regulasi Independen yang membebaskan Jose Mourinho atas kata-kata tidak senonoh pasca laga kontra Newcastle/Foto/Reuters
A+ A-
MANCHESTER - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengajukan banding atas keputusan Komisi Regulasi Independen yang tidak menjatuhkan sanksi atas kata-kata tidak senonoh yang diucapkan Pelatih Manchester United Jose Mourinho pasca pertandingan kontra Newcastle United, 6 Oktober lalu.

FA mengklaim bahwa Mourinho telah mengumpat dalam bahasa Portugal ke kamera televisi saat dia berjalan di luar lapangan menyusul kemenangan 3-2 atas Newcastle di Old Trafford dalam laga Liga Primer 2018/2019.

Komisi Regulasi Independen membersihkan Mourinho dari tuduhan pada 31 Oktober dan menerbitkan alasan tertulis untuk keputusan tersebut pada Rabu (7/11/2018). Namun, FA langsung merespons dan banding atas keputusan tersebut.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat alasan tertulis dari Komisi Pengaturan Independen terkait dengan kasus yang melibatkan Jose Mourinho, FA dapat mengkonfirmasi bahwa akan banding atas keputusan itu," kata FA dalam pernyataannya.

Mourinho didakwa telah melanggar aturan FA E3 (1), yang melarang "perilaku kekerasan, permainan kasar serius, mengancam, penghinaan, mengeluarkan kata-kata atau tindakan tidak senonoh atau melecehkan."

Namun, Komisi Regulasi Independen tersebut berpendapat bahwa Mourinho telah menggunakan kata-kata tidak senonoh dalam bahasa Portugal sehari-hari. Juga menyebutkan, bahwa kata-kata tidak senonoh merupakan hal biasa dalam sepak bola dan penonton yang melihat pertandingan juga sering mendengar atau menafsirkan partisipan mengeluarkan umpatan.

"Kami menemukan bahwa (Mourinho) merayakan kemenangan tanpa mengarahkan kata-kata pada siapa pun secara khusus," kata komisi itu. "Kata-katanya tidak terdengar. Jadi, orang yang obyektif harus membaca bibir (mulutnya) dan menafsirkan bahasa Portugis sehari-hari untuk secara akurat menguraikan komentar. Kami menganggap penggunaan kata tidak senonoh itu menjadi tidak tepat dalam konteks ini sehingga melanggar FA Rule E3."

Tapi, FA tetap tidak setuju dan banding mereka bisa berarti Mourinho akan menghadapi denda atau larangan di bench jika putusan komisi dibatalkan. Namun, banding FA tidak akan memengaruhi Mourinho jelang Derby Manchester kontra Manchster City di Liga Primer, Minggu (11/11/2018), karena banding FA tidak akan terdengar pekan ini, dan mungkin menjelang akhir minggu depan.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak