alexametrics

Piala AFF Futsal 2018

Timnas Futsal Indonesia Bidik Tiket Final

loading...
Timnas Futsal Indonesia Bidik Tiket Final
Timnas Futsal Indonesia Bidik Tiket Final
A+ A-
JAKARTA - Delapan tahun sudah sejak timnas futsal Indonesia untuk pertama kali meraih gelar Piala AFF Futsal. Kini, jalan menggapai prestasi yang diukir pada 2010 di Vietnam kembali terbuka.

Skuad Garuda hanya perlu mengalahkan Thailand untuk menggenggam tiket ke partai final. Untuk pertama kali dalam tiga tahun terakhir, timnas futsal bisa menembus babak semifinal.

Indonesia memastikan satu tiket ke babak 4 besar menyusul kemenangan telak 13-0 atas Kamboja pada partai pamungkas Grup A. Skuad Garuda lolos sebagai runner-up dengan enam angka di bawah Malaysia yang menyapu bersih seluruh pertandingan.

Ini merupakan semifinal pertama bagi Indonesia dalam tiga tahun terakhir setelah terhenti pada fase grup. Hasil ini juga membuka jalan bagi pelatih Kensuke Takahashi untuk memenuhi target Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk meraih gelar juara untuk kedua kali.

Terakhir, tim Merah Putih membawa pulang trofi pada 2010 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor telak 5-0. Sebelumnya Indonesia tercatat lima kali menembus babak semifinal, yakni pada 2009, 2008, 2006, 2005, dan 2003.

Thailand yang akan menjadi lawan timnas futsal hari ini, dua kali menggagalkan ambisi skuad Garuda untuk meraih gelar juara di partai final. Menghadapi tim Negeri Gajah Putih pada semifinal Piala AFF di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia sebenarnya memiliki catatan yang cukup buruk sejak meraih gelar.

Pada semifinal Piala AFF Futsal 2013, Thailand yang menjadi tuan rumah menang dengan skor telak 10-4. Satu tahun berselang, dominasi Thailand berlanjut setelah mengubur mimpi skuad Garuda menembus partai final berkat kemenangan tipis 1-0.

Tidak hanya itu, performa apik Thailand selama fase grup patut menjadi perhatian Takahashi. Mereka menyapu bersih tiga kemenangan dengan mencetak 34 gol dan hanya sekali kebobolan. Meski demikian, Indonesia bukan tanpa modal yang berharga.

Pada pertemuan terakhir di SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu, Indonesia secara mengejutkan mengalahkan Thailand dengan skor 4-2. Hasil serupa diharapkan kembali terulang untuk memastikan timnas meraih satu tiket ke partai puncak.

Apalagi, Bambang Bayu Saptaji dkk bakal bermain di bawah dukungan penuh suporter. Takahashi sudah mem persiapkan skuadnya dengan baik. Kekalahan dari Malaysia pada laga kedua Grup A benar-benar menjadi pelajaran penting hingga timnas mampu bangkit pada partai terakhir sekaligus memastikan tiket ke semifinal.

Juru taktik asal Jepang itu berharap performa apik yang ditunjukkan saat melawan Kamboja bisa dipertahankan pada babak semifinal. “Kami sudah melakukan evaluasi dan perbaikan. Saya senang dengan mental pemain. Ini penting untuk babak selanjutnya,” katanya.

Pada ajang Piala AFF Futsal 2018 ini, timnas Indonesia me mang kembali ditargetkan kem bali meraih gelar juara. Terakhir kali tro fi diraih pada 2010 lalu. Setelah itu, prestasi fut sal Tanah Air bisa dibilang merosot lan-taran hanya menduduki peringkat 3 dalam dua tahun kemudian.

Bahkan, pada tiga edisi terakhir, timnas selalu gagal melewati fase grup. Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo (HT) menginginkan Pasukan Merah Putih menjadi juara turnamen agar berpeluang menembus Piala Dunia Futsal.

“Mudah-mudahan kita bisa memenangkan dan jadi nomor satu, karena kita harus berpacu supaya bisa meningkatkan rangking futsal kita di dunia internasional dan mudahmudahan kemudian bisa melangkah ke Piala Dunia,” ujarnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak