alexametrics

Hasil Racikan Cerdas, Meriam London Kokoh di Puncak

loading...
Hasil Racikan Cerdas, Meriam London Kokoh di Puncak
Hasil Racikan Cerdas, Meriam London Kokoh di Puncak
A+ A-
LONDON - Kebijakan Unai Emery menerapkan rotasi pemain kembali berbuah manis. Didominasi pasukan muda, The Gunners sukses mengamankan tiket babak 32 besar Liga Europa seusai menahan tanpa gol Sporting Lisbon, Jumat (9/11).

Di Emirates Stadium, Emery memilih tidak membawa beberapa pemain utamanya macam Mesut Ozil, Alexandre Lacazette, Granit Xhaka, dan Hector Bellerin.

Adapun Pierre Emerick Aubameyang duduk di bangku cadangan. Namun, keputusan tersebut terbukti tepat. Hasilnya, mereka bisa menorehkan tiga clean sheet beruntun di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak penyisihan grup Liga Champions musim 2007/2008.

Sebelum hasil 0-0 tersebut, Klub London Utara itu unggul 1-0 atas Lisbon pada pertemuan pertama di Estadio Jose Alvalade, dan menundukkan Qarabag 3-0 di Olympic Stadium. Alhasil, Meriam London kini kokoh di puncak klasemen sementara Grup E dengan raihan 10 poin.

Tidak hanya itu, Petr Cech dkk juga memperpanjang rekor tidak terkalahkan menjadi 15 pertandingan beruntun di semua kompetisi. Karena itu, meski gagal mencetak gol untuk pertama kalinya sejak dikalahkan Manchester City 0-2 pada 12 Agustus lalu, Emery mengaku senang karena Arsenal telah bekerja keras sepanjang pertandingan.

“Kami ingin semua pemain menunjukkan penampilan terbaik di setiap pertandingan. Beberapa pemain harus bertanggung jawab dan memiliki kepercayaan diri tinggi. Sporting adalah tim kuat dan terorganisasi sehingga sulit menciptakan peluang.

Satu poin memang tidak cukup, tapi itu membuat kami tetap memuncaki klasemen sementara Grup E,” ungkap Emery, dilansir BBC. Sayang, keberhasilan Arsenal melenggang ke babak 32 besar Liga Europa harus memakan korban.

Danny Welbeck ditarik pada menit ke-30 karena mengalami cedera engkel. Itu bermula ketika dia melompat untuk menyundul bola dan terjatuh mengenai engkel kanannya. Welbeck sempat menerima bantuan oksigen dan menggunakan pelindung kaki saat dibawa keluar lapangan.

Guna memberikan perawatan intensif, sebanyak 10 staf medis Arsenal dikerahkan. Cedera yang dialami Welbeck mendapat simpati Emery dan rekan setimnya. Apa yang menimpa penyerang asal Inggris tersebut merupakan berita buruk bagi Arsenal dan berharap segera pulih secepatnya.

Pasalnya, kinerja Welbeck sejatinya cukup baik. Dari 12 penampilannya di semua kompetisi, dia telah mencetak lima gol. Kendati kehilangan Welbeck, lini depan Arsenal diyakini tidak akan berpengaruh karena masih memiliki Lacazette dan Aubameyang.

Emery kemungkinan besar kembali menurunkan komposisi tim terbaiknya, terutama saat menjamu Wolverhampton pada lanjutan Liga Primer, Minggu (11/11). “Dia sudah dibawa ke rumah sakit. Kami masih menunggu perkembangan terbaru.

Tapi, saya pikir, cederanya sangat serius. Mungkin terjadi masalah di engkelnya. Welbeck adalah pribadi yang baik dan komitmennya terhadap klub sangat besar. Kami akan selalu memberikan dukungan terbaik untuknya,” papar Emery.

Uniknya, hasil imbang di Emirates Stadium juga menjadi tonggak penting Sporting Lisbon. Untuk pertama kalinya sejak September 2011, tim berjuluk Leoes tersebut menorehkan clean sheet pada pertandingan tandang Liga Europa.

Maklum, selama 18 pertandingan sebelumnya, gawang wakil Portugal itu selalu kebobolan. Pelatih interim Tiago Fernandes mengatakan kedisplinan menjadi kunci keberhasilan timnya meredam Arsenal.

Hasilnya, Sporting belum bergeser dari posisi kedua klasemen sementara Grup E dengan tujuh poin. Mereka hanya membutuhkan satu kemenangan lagi saat menghadapi Vorskla Poltava pada 14 Desember mendatang untuk memastikan tiket 32 besar.

“Para pemain melakukan semua instruksi saya. Para pemain melakukan persis apa yang saya minta mereka lakukan. Kami menyadari kualitas lawan. Tapi, saya mengetahui kapasitas tim ini yang kreatif dan agresif, baik dengan atau tanpa bola. Kami benar-benar mengejutkan Arsenal,” sebut Fernandes.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak