Menembus Lorong Santiago Bernabeu

Senin, 12 November 2018 - 07:00 WIB
Menembus Lorong Santiago Bernabeu
Menembus Lorong Santiago Bernabeu
A A A
MADRID - Meski udara dingin yang hampir mencapai 5-10 derajat menyusup kulit, itu tak menyurutkan semangat para pencinta Real Madrid untuk mengenal lebih dekat Estadio Santiago Bernabeu. Mereka datang membanjiri stadion hanya demi merasakan aura stadion dan empuknya rumput Bernabeu.

Ya setiap harinya ribuan pengunjung dari berbagai negara, termasuk Spanyol sendiri, datang silih berganti guna menyusuri lorong stadion berkapasitas 81.044 tempat duduk itu lewat Tour Bernabeu. Mereka rela merogoh kocek 25 euro atau sekitar Rp431.250 (kurs Rp17.250) untuk dewasa dan 18 euro atau Rp310.500 untuk anak-anak demi merasakan suasana Bernabeu.
Menembus Lorong Santiago Bernabeu

Bahkan, khusus Madriditas, julukan fans Real Madrid, hanya dikenakan 17 euro untuk dewasa dan 14 euro untuk anak-anak. Artinya, jika setiap harinya ada 1.000 orang pengunjung dewasa, Real Madrid sudah meraup pendapatan 25.000 euro atau sekitar Rp431.250.000. Bisa dibayangkan nilai satu bulan penghasilan klub dari tiket Tour Bernabeu saja sudah mencapai Rp12,9 miliar.

Nilai itu belum termasuk keuntungan yang diperoleh dari penjualan produk resmi klub seperti kaos dan celana tim, serta aksesoris dan suvenir lainnya. Belum lagi di hampir seluruh bagian stadion ada restoran-restoran dan toko-toko yang terhubung langsung ke stadion yang tentunya akan memberikan tambahan penghasilan besar bagi klub dari sewa lokasi.

Yang menarik, lewat program Tour Bernabeu ini, penonton diajak merasakan empuknya lapangan rumput yang kerap diinjak para pemain dunia yang dimiliki klub macam Kareem Benzema, Marcelo, Luca Modric, dan lain-lain. Bahkan beberapa pemain legendaris juga pernah merumput di klub tersebut macam Zinedine Zidane, Ronaldo, David Beckham, dan Luis Figo.

Selain merasakan lapangan rumput, lewat tur itu pula pengunjung dapat mengenal lebih dekat suasana klub. Sebab, selain standar stadion yang memiliki lapangan sepak bola, tribun penonton, ruang ganti pemain dan konferensi pers, Estadio Santiago Bernabeu juga dilengkapi museum yang menggambarkan detail sejarah perjalanan klub yang berdiri sejak 1902 atau 116 tahun lalu. Itu pula yang menjadi salah satu magnet bagi wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke stadion tersebut.

Saat Tour Bernabeu, pengunjung yang sudah memiliki tiket langsung diajak ke tribun paling atas guna melihat view lapangan sepak bola yang spektakuler itu dari sisi atas. Pada saat itulah pengunjung dapat membayangkan suasana pertandingan Real Madrid dan keriuhan Madridista saat timnya menjamu lawan-lawannya di Bernabeu.
Menembus Lorong Santiago Bernabeu

Pastinya hampir setiap pengunjung memanfaatkan momentum itu dengan mengambil.gambar dan video tentang kondisi lapangan dari tribun atas. Baik foto bersama maupun melakukan swatoto. Apalagi spot di sisi atas sangat menarik dengan panorama lapangan hijau Estadio Santiago Bernabeu.

Tak sedikit dari mereka yang narsis langsung mempostingnya ke media soal masing-masing macam Facebook, Instagram, dan Twitter. "Kami tak mau kehilangan momen bagus dari sisi atas. Pemandangannya sangat luar biasa," ujar salah satu pengunjung lokal, Sanchez.

Setelah puas berfoto, peserta tur bisa melanjutkan perjalanan mengikuti alur petunjuk yang sudah diberikan pengelola. Salah satunya adalah melihat perjalanan sejarah Real Madrid yang sudah luar biasa, bahkan beberapa informasi dikemas dalam bentuk museum modern yang serba digital.

Deretan prestasi El Real terpampang lewat piala-piala yang tersusun rapih di balik kaca. Di antaranya piala La Liga, Piala Raja, Piala Liga Champions, dan penghargaan- penghargaan lainnya.
Menembus Lorong Santiago Bernabeu

Museum semakin menarik karena menyajikan foto-foto pemain Madrid mulai dari mantan pemain hingga skuad masa kini. Bahkan, mantan pemain Cristiano Ronaldo yang kini merumput di Juventus pun tetap menjadi ikon yang dicari publik untuk spot pengunjung.
Menembus Lorong Santiago Bernabeu
Menembus Lorong Santiago Bernabeu
Foto-foto dan kisah para pemain tersebut tersaji dalam layar digital di museum tersebut. Bahkan, rekaman ekspresi mereka ketika bermain di lapangan pun diputar di layar digital mulai dari cara memandang, saat tersenyum, hingga suara dan aksi selebrasi mereka di Santiago Bernabeu.

Begitu juga rekaman para pemain terbaik klub saat di ruang ganti turut tersaji dalam program Tour Bernabeu. Mulai dari mereka ganti pakaian di ruang ganti pemain, hingga gambaran langkah mereka menuju lapangan hijau.
Menembus Lorong Santiago Bernabeu

Tak cuma itu, suara para bintang sepak bola dan keriuhan Madridista pun terdengar jelas di ruang multimedia. Intinya, pengunjung diajak untuk menyelami aksi perjuangan para pemain Madrid dalam merebut kemenangan di setiap pertandingannya.

Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan kehadirannya di Bernabeu, mereka juga dapat berfoto bersama sang idola macam Gareth Bale, Marcelo, Modric, dan lain-lain dengan latar belakang lapangan hijau Estadio Santiago Bernabeu. Mereka juga bisa turut 'merasakan' bermain dan menjadi bintang bersama para pemain Madrid lainnya di lapangan tersebut lewat kreasi foto digital yang disiapkan pengelola.
Menembus Lorong Santiago Bernabeu

"Saya sangat senang bisa berkunjung ke Bernabeu dan mengikuti tur di sana. Panorama lapangan Estadio Santiago Bernabeu memang luar biasa dan saya juga bisa mendapat informasi penting tentang Real Madrid," ujar Dony Dhamawan, pelatih tim karate Indonesia pada Kejuaraan Dunia Karate WKF di Madrid yang menyempatkan diri datang ke Bernabeu.

Yang jelas, banyak hal positif bagi pengunjung dengan mengikuti Tour Bernabeu. termasuk merasakan bagaimana menginjak rumput stadion yang penuh dengan sejarah tersebut.
*Foto-foto : SINDONews/M Ridwan
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4464 seconds (0.1#10.140)