Everton susul Galatasaray mundur dari laga Java Cup

Rabu, 25 Juli 2012 - 16:30 WIB
Everton susul Galatasaray mundur dari laga Java Cup
Everton susul Galatasaray mundur dari laga Java Cup
A A A
Sindonews.com - Setelah Galatasaray mundur dari turnamen Java Cup 2012 yang akan diselenggarakan di stadion Gelora Bung Karno (GBK), kini giliran Everton yang mengumumkan pengunduran dirinya lewat website pribadi klub tersebut.

“Kami menunggu untuk meminta kejelasan serta jaminan terhadap penyelanggaraan Java Cup tersebut. Namun, sayangnya hingga tadi malam kami belum menerima jawaban yang pasti mengenai turnamen tersebut,” itulah pernyataan resmi yang dilansir dari evertonfc, Rabu (25/7/2012).

“Kami sangat minta maaf mengenai ketidaknyamanan tersebut dan kami sangat menyayangkan masalah ini. Kami tahu para fans kami sangat ingin menyaksikan penampilan kami di Indonesia, tapi masalah yang belum terselesaikan membuat resiko berpergian terlalu besar,”

Sementara itu, Koordinator Timnas Indonesia, Bob Hippy menyatakan, mundurnya Everton adalah sebuah kerugian besar bagi timnas 'Merah Putih'. "Pemberitahuan secara resmi memang belum kami dapat. Tapi kalau itu benar (mundur), tentu kita rugi karena tidak dapat berujicoba dengan klub berkualitas," kata Bob Hippy di Jakarta, Rabu (25/7).

Bob Hippy menyatakan, salah satunya tujuan digelarnya turnamen Java Cup adalah untuk menambah jam terbang bagi Timnas Indonesia. Apalagi pada turnamen ini tuan rumah mengirimkan dua perwakilan yaitu Timnas Senior dan Timnas U-23.

Menurunkan dua timnas ini merupakan imbas dari mundurnya klub raksasa asal Turki, Galatasaray. Pada turnamen ini sebenarnya hanya menurunkan Timnas U-23, tapi sejak mundurnya Galatasaray, pihak penyelenggara menunjuk Timnas Senior.

Dengan demikian, dua klub besar dipastikan tidak akan menunjukkan kemampuan terbaiknya di Indonesia. Saat ini tinggal Tim Malaysia Selection saja yang berpartisipasi selain dua Timnas Indonesia.

"Tim pengganti lain belum ada jika Everton benar-benar mundur. Hingga saat ini belum ada pemberitahuan dari penyelenggara ke kami," kata pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu.

Informasi mengenai mundurnya klub asal Inggris itu jelas cukup mengejutkan karena waktu pelaksanaan pertandingan sudah dekat. Mundurnya tim berjuluk the Toffees dituangkan dalam situs resminya. Apalagi tim Malaysia juga telah datang ke Indonesia.Dengan pengunduran diri klub asal Inggris, turnamen tersebut telah menyisakan tiga tim yang akan berlaga di ajang turnamen Java Cup tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya penanggung jawab Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Bernhard Limbong mengatakan turnamen Java Cup yang akan dilaksanakan 26 hingga 29 Juli. Ada empat tim yang akan berlaga mulai dari timnas senior, tim U-23 Indonesia, Everton, dan tim U-23 Malaysia.

Bahkan Pelatih timnas senior Nilmaizar mengatakan, untuk menguji pemain ada tiga tahap yang harus dilakukan. Pertama, turnamen Java Cup 26-29 Juli, kedua, laga uji coba 15 hingga 29 September dan ketiga, 7 sampai 21 November.

Tahap ini harus dijalankan timnas senior dimana untuk penyeleksian para pemain sebelum Piala AFF berlangsung. "Ini laga persahabatan, jadi kami bisa memilih pemain-pemain yang akan menempati timnas utama. Saya juga berharap mudah-mudahan kami mendapat pemain yang berkualitas agar dapat meraih target yang maksimal di Piala AFF nanti," jelasnya usai pertemuan di Kantor PSSI, (24/7).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0420 seconds (0.1#10.140)