Pasukan Rusia Tingkatkan Serangan ke Wilayah Sipil Ukraina

Rabu, 02 Maret 2022 - 11:02 WIB
loading...
Pasukan Rusia Tingkatkan Serangan ke Wilayah Sipil Ukraina
Pasukan Rusia Tingkatkan Serangan ke Wilayah Sipil Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka ke daerah perkotaan yang padat pada Selasa (1/3/2022). Tentara Rusia membombardir alun-alun di kota terbesar kedua di Ukraina , Kharkiv dan menara TV utama Kiev.

“Tidak ada yang akan memaafkan. Tidak ada yang akan lupa,” Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy bersumpah setelah pertumpahan darah di alun-alun di Kharkiv, seperti dikutip dari AP.



Konvoi ratusan tank Rusia dan kendaraan lain sepanjang 64 kilometer maju perlahan di Kiev, ibu kota berpenduduk hampir 3 juta orang. Pasukan penyerang juga menekan serangan mereka ke kota-kota lain, termasuk pelabuhan-pelabuhan strategis Odesa dan Mariupol di selatan.

Serangan di Freedom Square — alun-alun terbesar Ukraina, dan inti kehidupan publik di kota — dilihat oleh banyak orang Ukraina sebagai bukti nyata bahwa invasi Rusia tidak hanya mengenai sasaran militer, tetapi juga menghancurkan semangat mereka.

Hantaman rudal meledakkan jendela dan dinding bangunan yang mengelilingi alun-alun besar, yang ditumpuk tinggi dengan puing-puing dan debu. Di dalam satu gedung, potongan-potongan plester berserakan, dan pintu-pintu, terlepas dari engselnya, tergeletak di lorong-lorong.



“Orang-orang berada di bawah reruntuhan. Kami telah mengeluarkan mayat,” kata Yevhen Vasylenko, seorang pejabat darurat.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan, lima orang tewas dalam serangan di menara TV, yang berjarak beberapa mil dari pusat Kiev dan berjalan kaki singkat dari berbagai gedung apartemen. Sebuah ruang kontrol TV dan gardu listrik dihantam, dan setidaknya beberapa saluran Ukraina berhenti sebentar, kata para pejabat.

Kantor Zelenskyy juga melaporkan serangan rudal di situs peringatan Holocaust Babi Yar, dekat menara. Seorang juru bicara untuk tugu peringatan itu mengatakan, sebuah pemakaman Yahudi di lokasi itu, di mana penjajah Nazi membunuh lebih dari 33.000 orang Yahudi selama dua hari pada tahun 1941, rusak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)