Persiba tak masalah IPL tidak dilanjutkan

Rabu, 02 Oktober 2013 - 16:21 WIB
Persiba tak masalah IPL tidak dilanjutkan
Persiba tak masalah IPL tidak dilanjutkan
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul masih menunggu kepastian kelanjutan keputusan PSSI yang tidak menganggap kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Pihak manajemen juga menganggap, kompetisi di bawah naungan PT Liga Prima Indonesia Sprotindo (LPIS) ini tidak perlu dilanjutkan.

Wakil Manajer Persiba Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya mengatakan, melihat kondisi kompetisi yang sudah hampir selesai ini, menurutnya memang tidak baik. Sebab, dari pengalamannya, beberapa pertandingan yang dilakukan oleh Persiba Bantul, tidak sesuai yang diharapkan.

"Misal, kita lagi pertandingan ke Bandung, tapi wasitnya juga dari Bandung. Kalau melihat kondisi kompetisi ini, memang lebih baik dihentikan," kata dia, Rabu (2/10) kemarin.

Pihaknya, kemarin juga telah memenuhi undangan dari PSSI untuk datang ke Jakarta, dalam rangka meminta kejelasan mengenai kelanjutan kebijakan penghentian kompetisi IPL. "Satu orang tadi yang berangkat," tuturnya.

Sebelumnya, keputusan berupa penghentian kompetisi itu diambil, karena pihak operator LPIS tidak mampu memenuhi persyaratan yang diberikan oleh Komisi Disiplin PSSI. Salah satunya ialah, melakukan perubahan klasemen dan jadwal pertandingan, yang diberikan waktu dari 18 sampai 25 September lalu.

Keputusan yang diambil pada Sabtu (28/9) lalu tersebut, mengharuskan sisa laga kompetisi IPL ditunda. Salah satunya, laga antara Periba Bantul melawan PSIR Rembang, yang dijadwalkan pada sore kemarin, sudah dipastikan tidak dilakukan.

Namun begitu, para pemain Persiba Bantul sampai sore kemarin, juga tetap menggelar latihan. Pemain maupun pelatih, menunggu bagaimana kebijakan selanjutnya, yang akan diambil. "Sekarang masih latihan, menunggu kejelasan selanjutnya. Kalau memang dibubarkan (kompetisinya), ya bubarkan," kata asisten pelatih Persiba Bantul, Sajuri Syahid.

Persiba Bantul sendiri, dalam kompetisi IPL berada di urutan keempat klasemen sementara, dengan nilai poin 35. Tiga tim di atasnya, diisi oleh Pro Duta, Perseman, dan Semen Padang.

Tim berjuluk Laskar Sultan Agung ini, dalam kompetisi IPL masih menyisakan beberapa laga, baik kandang maupun tandang. Di antaranya, melawan PSIR Rembang, Semen Padang, Bontang FC, PSM Makassar, Persijap Jepara, Arema Malang, dan Perseman Manokwari.

Informasi dari PSSI Provinsi DIY, kompetisi selanjutnya, untuk empat klub yang berlaga di LPI akan digabungkan untuk ikut ke dalam kompetisi ISL di bawah naungan PT Liga Indonesia.

Sedangkan sisanya, akan dikembalikan ke Divisi Utama. Konsep kompetisi ISL yang akan digelar pada Januari 2014 mendatang, yaitu dengan 22 klub. Sementara, untuk Divisi Utama, diikuti 66 klub.
Pada kompetisi 2014 dan 2015 nantinya, akan dilakukan pengerucutan klub. Selanjutnya, pada 2016, kompetisi sudah berjalan normal, dengan 18 klub yang berlaga di ISL dan 44 klub di Divisi Utama.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9586 seconds (0.1#10.140)