Ini Daftar Dosa Pengadil di Piala Dunia (3-Habis)

Senin, 16 Juni 2014 - 06:19 WIB
Ini Daftar Dosa Pengadil di Piala Dunia (3-Habis)
Ini Daftar Dosa Pengadil di Piala Dunia (3-Habis)
A A A
JAKARTA - Setiap gelaran Piala Dunia pastinya ada banyak hal yang mengiringi. Dari sekian peristiwa yang terjadi di lapangan hijau, keputusan wasit yang kerap menjadi buar bibir meskipun perhelatan event sepak bola empat tahunan itu sudah berakhir.

Tengok saja apa yang terjadi di Piala Dunia tahun ini, saat laga pembuka antara Brazil melawan Kroasia. Walau pada pertandingan itu tuan rumah menang tipis 3-1 atas lawannya, namun keputusan kontroversial wasit Jepang Yuichi Nishimura, menandakan bahwa ada cerita yang patut diulas dalam setiap juru pengadil mengambil perannya.

Berikut ini Sindonews akan membeberkan lanjutan Dosa Wasit di Piala Dunia yang dikutip tibnews, Senin (16/6).

6. Gottfried Dienst
Miskomunikasi antar wasit dengan asisten wasit terjadi pada laga Piala Dunia 1966 yang mempertemukan antara Inggris melawan Jerman Barat. Peristiwa itu berawal saat sepakan Geoff Hurst membentur mistar gawang dan memantul ke tanah. Saat itu Dienst tak bisa membuat keputusan, tapi asistennya Tofik Behramov memberikan tanda bahwa itu gol.

7. Charles Corver
Charles Corver dikenang karena keputusan kontroversial di semifinal Piala Dunia 1982 antara Jerman dan Perancis. Wasit asal Belanda itu tidak menganggap tabrakan kiper Harald Schumacher dengan Patrick Battiston di kotak terlarang sebagai sebuah pelanggaran. Berkat keputusan yang dibuatnya itu dia masuk dalam daftar pengadil lapangan hijau terburuk.

8. Graham Poll
Piala Dunia 2006 menjadi bencana buat Graham Poll. Betapa tidak, sebelum memutuskan pensiun dari pekerjaannya. Wasit Inggris ini membuat keputusan yang mencengangkan saat pertandingan antara Australia melawan Kroasia di Piala Dunia 2006. Pasalnya, bagi sebagian penonton pemain yang terkena dua kartu kuning sangatlah wajar. Tapi di laga ini dia seolah menabrak peraturan FIFA dengan mengeluarkan tiga kartu kuning pada satu pemain (Josip Simunic). Sejak peristiwa ini, dia tak pernah lagi berada di panggung internasional (pensiun).

9. Jorge Larrionda

Jorge Larrionda mencuri perhatian dunia, terutama publik Inggris di Piala Dunia 2010. Pasalnya, wasit asal Uruguay itu tidak mensahkan gol yang dicetak Frank Lampard di pertengahan babak pertama. Padahal dari tayangan ulang, terlihat jelas bahwa sepakan bola bintang Chelsea dari luar kotak penalti sudah melewati garis gawang. Sontak, pendukung The Three Lions pun bersorak menyambut gol tersebut. Namun, mereka dengan sekejap terdiam saat Larrionda tak mensahkan gol tersebut. Berkat keputusan kontroversial itulah, Inggris gagal melanjutkan ke babak berikutnya.

10. Ali Bin Nasser

Sebutan gol tangan Tuhan tak pernah lepas dari sosok legenda Argentina Diego Maradona. Pada laga perempat final Piala Dunia 1986 yang mempertemukan Argentina vs Inggris. Ada satu momen dimana Maradona dengan tak terduga menyambut bola dan mengalahkan kiper Inggris, Peter Shilton, dalam berduel di udara, dan menyundul bola masuk ke gawang. Para pemain Inggris memprotes gol tersebut, karena bintang Napoli itu menyundul bola bukan dengan kepala melainkan lewat tangannya. Parahnya, wasit Ali Bin Nasser tetap mengesahkan gol tersebut.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.0020 seconds (0.1#10.140)