Drama Adu Penalti Jadi Penentu

Kamis, 10 Juli 2014 - 05:33 WIB
Drama Adu Penalti Jadi Penentu
Drama Adu Penalti Jadi Penentu
A A A
SAO PAOLO - Argentina dan Belanda akhirnya harus mengakhiri pertandingan lewat drama adu penalti. Tambahan waktu 2x15 menit ternyata belum juga menghadirkan pemenang yang akan tampil di final menghadapi Jerman.

Sebelumnya pada pertandingan yang digelar di Corinthians Arena, Sao Paulo, Kamis (10/7), kedua kesebelasan bermain dengan skor kacamata. Di babak tambahan waktu keduanya juga tidak bisa melesakan gol dan harus dilanjutkan adu penalti.

Pada babak tambahan waktu, Belanda mencoba menekan sejak awal. Aksi Arjen Robben beberapa kali masuk ke kotak penalti Argentina membuat pertahanan lawan. Kuatnya pertahanan membuat aksi pemain Bayern Muenchen itu kembali sia-sia.

Argentina yang coba menekan pun belum mampu menembus tembok besar Belanda. Sementara itu dari pertandingan di waktu normal, kedua kesebelasan sejak awal pertandingan saling jual beli serangan. Argentina yang minus Angel di Maria yang absen karena cedera berhasil memainkan pola menyerang sejak awal laga. Sama halnya dengan Belanda, beberapa peluang berhasil mereka ciptakan.

Dengan hasil imbang ini membuat pertandingan harus ditentukan oleh perpanjangan waktu 2x15 menit. Pada pertandingan babak kedua, laga tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Kedua tim langsung tancap gas.

Namun Belanda lebih beruntung mendapatkan tendangan bebas di luar kotak penalti Argentina. Hadiah tendangan bebas ini bermula dari pelanggaran yang dilakukan Martin Demichelis terhadap Robben. Bahkan Demichelis sempat diganjar kartu kuning. Tapi, Sneijder gagal mengonversinya menjadi gol setelah tendangan melambung di atas mistar gawang Sergio Romero.

Di babak kedua ini, Louis Van Gaal menggantikan Indi yang tidak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera dengan Daryl Janmaat. Ia dimainkan sebagai pemain sayap kiri, sementara Daley Blind gantikan posisi Martins. Perubahan ini membuat Dirk Kuyt menjadi bek kiri.

Ternyata pergantian peran ini malah membuat celah di sisi kiri pertahanan Belanda. Pada menit 57, Lavezzi melesat pertahanan Belanda dan melepaskan umpan silang. Sayang Higuain gagal memanfaatkan umpan tersebut setelah kalah duel dengan pemain belakang lawan.

Belanda mencoba menambah daya gedornya dengan memasukan Jordy Clasie yang menggantikan Nigel de Jong di menit 62. Hasilnya agak lumayan setelah Belanda bisa mengimbangi perlawanan di lapangan tengah.

Sayangnya, semua serangan yang dilancarkan masih menemui jalan buntu. Sampai waktu normal, kedua tim belum mampu mencetak gol dan memaksa pertandingan dilanjutkan perpanjangan waktu. Tambahan waktu pun belum juga menemukan pemenang dan dilanjutkan adu penalti.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7661 seconds (0.1#10.140)