Laga Pembalasan Mutiara Hitam

Senin, 29 September 2014 - 20:04 WIB
Laga Pembalasan Mutiara Hitam
Laga Pembalasan Mutiara Hitam
A A A
JAKARTA - Laga pembalasan siap dijalani Persipura Jayapura pada leg kedua semifinal Piala AFC 2014. Menjamu Al Qadsia di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (30/9) siang, misi wajib menang sekaligus mengamankan tiket final siap dibidik Boaz Solossa dkk.

Persipura berpeluang melaju ke partai puncak Piala AFC. Akan tetapi bukan perkara mudah untuk memuluskan target tersebut. Karena pada leg pertama, Persipura yang bertandang ke Stadion Kuwait Sport Club, Rabu (17/9), markas Al Qadsia, Persipura dipaksa menyerah, 4-2.

Dengan begitu, tim Mutiara Hitam harus menang minimal, 2-0, atas wakil Kuwait tersebut. Dengan begitu, Persipura berhak melaju ke partai pamungkas dengan status unggul agregat gol tandang dari Al Qadsia. Adapun satu tiket final lain, akan diperebutkan Arbil (Irak) kontra Kitchee SC (Hongkong).

Melihat peluang anak-anak asuhnya, pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, tetap optimis. Pelatih berpaspor Brasil itu menegaskan, para pemainnya dalam kondisi siap tempur. H-1 laga bersejarah kontra Al Qadsia, Jacksen kembali menyatakan jika komposisi terbaik yang akan dimainkan.

"Saya bersyukur semua rencana yang kami buat bisa berjalan dengan baik dan lancar sampai hari ini (kemarin). Dan bisa saya sampaikan juga, jika kondisi tim juga dalam keadaan baik sejauh ini," ungkap Jacksen kepada KORAN SINDO, Senin (29/9).

Bicara soal peluang, Persipura memang masih memiliki kans besar untuk lolos. Apalagi jika melihat pengalaman tim Mutiara Hitam saat tampil dibabak perempat final Piala AFC dengan mengandaskan Al Kuwait. Bisa dibilang, posisi serupa kembali dialami Persipura.

Saat itu dikandang Al Kuwait, Persipura kalah tipis, 3-2. Namun saat berstatus tuan rumah dan tampil di Stadion Mandala, Persipura tampil di luar prediksi banyak pihak. Juara bertahan Indonesia Super League (ISL) 2013/2014 tersebut tampil menggila dengan melibas Al Kuwait, 6-1.

"Walau akan tetap bermain normal sesuai dengan karakter permainan kami. Kami juga akan berusaha mencari celah yang sama, saat kami bisa mencetak dua gol dipertemuan pertama dengan mereka (Al Qadsia). Kami akan manfaatkan kelengahan mereka," tutur Jacksen.

"Kami sangat paham, kebutuhan atas kemenangan bisa berdampak pada terbebaninya para pemain. Tapi kami sudah pernah mengalami kondisi seperti saat ini dan kami berhasil. Untuk itu kami akan kembali fokus pada tujuan utama kami, yaitu menang sesuai target," lanjut mantan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia tersebut.

Sementara itu dikubu Al Qadsia, kewaspadaan tinggi tetap ditunjukan. Walau memiliki bekal kemenangan pada leg pertama, penyerang Al Qadsia, Danijel Subotic, tetap menilai Persipura adalah tim yang tangguh. Subotic sendiri, berhasil menceploskan dua gol ke gawang Persipura pada pertemuan pertama kedua tim.

“Kemenangan itu belum jadi jaminan kami ke final. Al Qadsia dan Persipura punya peluang yang sama. Pertandingan nanti (leg kedua) akan jadi penentu tim yang ke final. Saya sendiri belum yakin karena Persipura pasti akan berusaha keras untuk menang dengan selisih gol yang banyak," ujar Subotic.

“Keberhasilan Persipura menciptakan dua gol di kandang kami, adalah bukti bahwa mereka tim yang kuat. Mereka bermain kolektif dan memiliki serangan balik yang sangat cepat. Pertandingan nanti akan sangat menarik menurut saya," tutup mantan bomber FC Basel, Swiss, tersebut.

Perakiraan Susunan Pemain ;
Persipura Jayapura (4-3-3) ;
Yoo Jae Hoon; Ruben Sanadi, Bio Paulin, Yohanis Tjoe, Tinus Pae; Gerald Pangkali, Imanuel Wanggai, Lim Jun Sik; Robertino Pugliara, Titus Bonai, Boaz Solossa
Pelatih: Jacksen F Tiago

Al Qadsia (4-4-2) ;
Nawaf Al Khaldi; Khaled Al Qahtani, Alvaro Silva, Amer Al Fadhel, Abdullah Shehu; Saleh Al Sheikh, Saif Al Hashan, Fahed Al Ebrahim, Talal Al Amer; Bader Al Mutowa, Daniel Subotic
Pelatih: Antonio Puche Vicente
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4856 seconds (0.1#10.140)