alexametrics

Demi Timnas, Peserta Marahalim Cup 2015 Dipangkas

loading...
Demi Timnas, Peserta Marahalim Cup 2015 Dipangkas
Timnas U-23 besutan Aji Santoso akan mengasah kemampuan di Marahalim Cup 2015, jelang menghadapi kualifikasi Piala AFC U-23 dan SEA Games 2015/koran sindo-novan jemmi andrea.
A+ A-
MEDAN - Marahalim Cup 2015 batal diikuti delapan peserta. Panitia ingin mengutamakan keikutsertaan timnas U-23 yang menjadikan ajang ini sebagai uji coba untuk proses pembentukan tim.

Awalnya, Marahalim Cup 2015 akan diikuti PSMS Medan, Medan Jaya, Semen Padang, PSM Makassar, Pelita Bandung Raya (PBR), serta tiga tim luar negeri seperti Perth Glory Australia, Home United Singapura, dan timnas Myanmar U-20.

Namun, jelang bergulir pada Januari 2015 mendatang, perubahan besar terjadi. Ajang tersebut hanya menampilkan empat tim dengan salah satunya timnas U-23 besutan Aji Santoso. Kontestan lainya, PSMS Medan, Perth Glory Austarlia, dan Timnas Myanmar U-20.

Ketua Panitia Marahalim Cup 2015 Tursilo menjelaskan, selain mengutamakan timnas U-23, pengurangan peserta karena sejumlah tim memilih mundur dan melakukan persiapan pramusim dengan mengikuti event lain.

“Waktu pelaksanaan Marahalim Cup 2015 bersamaan dengan turnamen lainnya. Arema Cronus dan Semen Padang memilih tampil di SCTV Cup dan PBR melakukan training camp di luar negeri,” ujar Tursilo, Selasa (23/12/2014).

Tursilo tak menutupi perubahan besar tersebut karena keikutsertaan timnas Indonesia U-23. Pasukan Aji Santoso itu menjadikan turnamen yang terakhir digelar 1995 itu sebagai awal pemanasan. Keikutsertaan jajang Maulana dkk di turnamen Marahalim Cup 2015 ini sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala AFC U-23 dan SEA Games 2015 mendatang. “Ya, perubahan ini karena ada adopsi kepentingan timnas,” jelasnya.

Diundangnya tim Australia dan Myanmar juga untuk memfasilitasi timnas Merah Putih. Kedua tim tersebut bagus untuk pemanasan timnas Indonesia. Timnas akan melakukan uji coba dengan tim Australia dan Myanmar untuk melakukan evaluasi dan pembenahan dengan misi membentuk tim yang andal dan tangguh. Selain itu, timnas Myanmar juga mengambil manfaat besar dair ebvent ini, sebab akan menjadi ajang pemanasan jleang menghadapi Piala Dunia U-20.

“Peserta lainnya, yang dari luar negeri, kami harus menakar biayanya. Jadi, hanya dua tim saja yang kami pilih. Tapi, Home United Singapura tampil sebagai peserta eksibisi lawan PSM Makassar, 7 Januari,” ungkapnya.

Sedangkan juara bertahan Marah Halim Cup 1995, Medan Jaya, juga urung tampil diturnamen yang terdaftar di agenda FIFA sejak 1974 ini. Alasanya, lanjut Tursilo yang juga menjabat Sekretaris Askab PSSI Deli Serdang itu, karena hanya satu tim yang mewakili domestik di turnamen Marah Halim Cup.

“Masukan dari para tokoh sepak bola, dilaporkan kepada Ketua Yayasan Marah Halim dan juga pemilik Medan Jaya, Amru Daulay. Pak Amru menyetujui Medan Jaya untuk tak ikut turnamen, karena harus satu tim yang mewakili Sumut, yakni PSMS Medan. Untuk itu, tak ikutnya Medan Jaya bukan karena tak memiliki nilai jual, tapi harus ada satu tim yang mewakili Sumut, keputusannya PSMS yang terpilih,”pungkasnya.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak